BAZNAS Beri Beasiswa untuk 300 Mahasiswa Indonesia di Al-Azhar Kairo

ADVERTISEMENT

BAZNAS Beri Beasiswa untuk 300 Mahasiswa Indonesia di Al-Azhar Kairo

Yudistira Imandiar - detikNews
Minggu, 06 Nov 2022 17:59 WIB
Baznas
Foto: Baznas
Jakarta -

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI memberikan Beasiswa Cendekia Baznas (BCB) kepada 300 orang. BCB angkatan ketiga itu diberikan kepada para pelajar yang sudah dinyatakan lulus di kampus Al-Azhar, Mesir melalui jalur Kementerian Agama.

Program BCB angkatan ketiga diluncurkan oleh Wakil Presiden RI KH. Ma'ruf Amin, Ketua BAZNAS RI Prof Dr KH Noor Achmad, dan Duta Besar RI untuk Mesir Lutfi Rauf di Kedubes RI Kairo, Mesir pada Sabtu (5/11). Acara itu juga didukung oleh Bank Syariah Indonesia (BSI).

Pada kesempatan itu, Ma'ruf Amin mendorong dan memotivasi agar para penerima beasiswa dapat menyiapkan mental dan niat terbaik, agar hasil yang didapat menjadi maksimal.

"Mahasiswa harus bisa berkontribusi untuk bangsa dan negara di masa depan. Kalian adalah calon penerus dan pemimpin bangsa ini. Jadi harus bisa berkontribusi dalam tiap aspek, harus bisa bermanfaat dan ada nilai tambahnya," kata Ma'ruf dikutip dalam keterangan tertulis, Minggu (6/11/2022).

Ia pun berharap agar program Beasiswa BAZNAS ini dapat bermanfaat dan memberi nilai lebih kepada para penerima manfaatnya, tak hanya di sektor pendidikan namun juga sektor lain.

Selama di Mesir, Ma'ruf Amin mendapat sambutan hangat dari warga negara Indonesia. Banyak dari mereka telah tiba di KBRI untuk menyambut Wapres. Duta Besar RI untuk Mesir Lutfi Rauf menyebut antusiasme masyarakat Indonesia di Mesir menyambut kunjungan Wapres RI memang cukup tinggi, mengingat mereka merasa sangat terbantu oleh pemerintah hingga bisa berada di negara Afrika Utara itu.

"Beginilah kondisi di Kairo Mesir. Rasa kekeluargaan kami sesama bangsa Indonesia memang tinggi. Kami juga cukup sering mengadakan acara bertema Indonesia sekadar untuk bernostalgia dengan kampung halaman. Dan tentu saya sangat berterima kasih kepada Pak Wapres Ma'ruf Amin dan BAZNAS yang telah mengadakan acara yang bermanfaat di sini," tutur Lutfi.

Lutfi berharap agar program beasiswa yang diluncurkan kali ini dapat memberi keberkahan kepada para penerima manfaat dan orang sekitarnya.

Sementara itu, Ketua BAZNAS RI, Prof. Dr. K.H. Noor Achmad mengatakan program beasiswa ini merupakan upaya Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) untuk menciptakan generasi yang unggul di masa depan. Hal itu disebutnya sesuai dengan semangat BAZNAS untuk menyejahterakan umat melalui pendidikan.

"Alhamdulillah, sebagai bagian dari menyejahterakan umat, BAZNAS kembali meluncurkan program Beasiswa Cendekia BAZNAS (BCB) Al Azhar angkatan ketiga tahun 2022. Semoga melalui beasiswa ini, beasiswa akan tumbuh dan berkembang generasi yang unggul dan berdaya saing demi kesejahteraan dan kemajuan bangsa," ungkap Noor.

Noor menginginkan para alumni program beasiswa BAZNAS memberi kontribusi positif bagi bangsa dan negara selepas menyelesaikan studi di Mesir.

"Lulusan-lulusan Mesir khususnya penerima beasiswa BAZNAS akan mengembangkan Islam Wasthiyah di Indonesia dan terus menjaga NKRI sebagaimana tiga aman yang digencarkan BAZNAS, Aman Syar'i, Aman NKRI, dan Aman Regulasi," urai Noor.

Noor menyatakan pihaknya menyambut baik jika ada pihak-pihak yang berinisiatif mengembangkan Unit Pengumpul Zakat (UPZ).

"Silakan membuat UPZ yang pengumpulannya bisa 100 persen digunakan untuk beasiswa," kata dia.

Beasiswa Cendekia BAZNAS (BCB) Al Azhar angkatan ketiga tahun 2022 melengkapi delapan beasiswa lain yang digulirkan BAZNAS sepanjang tahun 2022, yakni Beasiswa Cendekia BAZNAS di 102 kampus di Indonesia, Beasiswa Riset Program MAZAWA, Beasiswa Riset Zakat Prodi Umum, Beasiswa Mahad Aly di 48 mitra, Beasiswa Persiapan Sekolah Kedinasan, Beasiswa Santri, Beasiswa Dikdasmen (Pendidikan Dasar dan Menengah), dan Beasiswa Kemitraan Khusus Disabilitas, Daerah 3T dan Suku Terasing BAZNAS 2022.

Selain peluncuran Beasiswa Cendekia BAZNAS (BCB) Al Azhar angkatan ke-3 Tahun 2022, selama di Kairo, Mesir, Ketua BAZNAS juga akan melakukan pembinaan kepada para penerima manfaat beasiswa pada Senin (7/11). Tema yang diangkat adalah 'Peran Strategis Mahasiswa Indonesia untuk Mesir, Timur Tengah dan Indonesia; Kini dan Masa Depan'.

BAZNAS RI sebelumnya sudah menyalurkan beasiswa untuk mahasiswa RI di Al-Azhar. Pada angkatan 2019, tercatat ada 33 peserta, sedangkan untuk angkatan 2021 sebanyak 64 peserta menjadi penerima manfaat, sehingga total penerima manfaat Beasiswa Cendekia BAZNAS Al-Azhar saat ini berjumlah 397 mahasiswa.

(ega/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT