BPBD Pastikan Seluruh Banjir di Jakarta Telah Surut

ADVERTISEMENT

BPBD Pastikan Seluruh Banjir di Jakarta Telah Surut

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 06 Nov 2022 14:02 WIB
poster
Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Sebanyak 10 RT di Jakarta Timur sempat dilanda banjir akibat luapan kali Ciliwung. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta memastikan saat ini seluruh rendaman air telah dinyatakan surut.

"BPBD mencatat hingga Minggu (06/11) pukul 11:25 WIB, seluruh genangan di wilayah DKI Jakarta sudah surut," kata Kasatpel Pengolahan Data dan Informasi Kebencanaan BPBD DKI Jakarta Michael Sitanggang, Minggu (6/10/2022)

Sejauh ini, BPBD DKI Jakarta telah mengerahkan personel untuk di setiap wilayah serta mengkoordinasikan unsur Dinas SDA, Dinas Bina Marga, dan Dinas Gulkarmat untuk menyedot genangan bersama para lurah dan camat setempat. Di samping itu, peran dari unsur masyarakat juga dilibatkan dalam upaya ini, seperti pihak RT/RW, FKDM serta tokoh masyarakat lainnya.

"BPBD DKI mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan. Dalam keadaan darurat, segera hubungi nomor telepon 112. Layanan ini gratis dan beroperasi selama 24 jam non-stop," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, BPBD DKI Jakarta melaporkan banjir di Ibu Kota tersisa 10 RT. Belasan titik banjir itu berada di Jakarta Timur.

"BPBD mencatat genangan yang sebelumnya terjadi di 15 RT, saat ini menjadi 10 RT atau 0,033% dari 30.470 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta," kata Kasatpel Pengolahan Data dan Informasi Kebencanaan BPBD DKI Jakarta Michael Sitanggang, Minggu (6/10/2022).

Ini merupakan update data banjir per pukul 09.00 WIB. Michael menuturkan kondisi banjir disebabkan luapan kali Ciliwung.

"Penyebab luapan kali Ciliwung," ujarnya.

Berikut daftar titik banjir per pukul 09.00 WIB:

1. Kelurahan Bidara Cina
- Jumlah: 1 RT
- Ketinggian: 40 cm
- Penyebab: Luapan Kali Ciliwung

2. Kelurahan Kampung Melayu
- Jumlah: 9 RT
- Ketinggian: 40 s.d. 75 cm
- Penyebab: Luapan Kali Ciliwung

Lihat juga Video: Momen Dramatis Evakuasi Korban Banjir Bandang di Minahasa

[Gambas:Video 20detik]



(taa/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT