Rumah-Musala Hanyut Diterjang Abrasi Sungai Cipamingkis Bogor

ADVERTISEMENT

Rumah-Musala Hanyut Diterjang Abrasi Sungai Cipamingkis Bogor

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Sabtu, 05 Nov 2022 16:49 WIB
Abrasi di Desa Jonggol, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
Abrasi di Desa Jonggol, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (Dok BPBD Kabupaten Bogor)
Bogor -

Pergeseran tanah terjadi sekitar aliran Sungai Cipamingkis, Desa Jonggol, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Akibatnya, satu rumah warga dan musala ambruk, lalu terbawa arus sungai.

"Saat ini bagian tanah yang bergeser masih terus bergerak serta mengakibatkan rumah dan musala ambruk, serta hilang terbawa arus Sungai Cipamingkis," kata staf Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor Jalaluddin melalui keterangannya, Sabtu (5/11/2022).

Peristiwa itu terjadi pada Jumat (4/11) pada pukul 21.05 WIB. Warga kemudian melaporkan kejadian itu kepada petugas BPBD.

Hasil analisis petugas, peristiwa itu diawali hujan deras. Akibatnya, volume aliran dana arus Sungai Cipamingkis meningkat.

"Mengakibatkan permukiman warga yang sebelumnya telah terabrasi akibat kejadian yang sama, saat kejadian kembali terabrasi. Dampak lain dari itu, permukaan tanah kurang lebih 15 meter dari bibir sungai juga telah mengalami keretakan," tuturnya.

Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Petugas juga telah memberikan imbauan kepada masyarakat apabila hujan dan dampak abrasi semakin mendekat, agar melakukan evakuasi mandiri.

"Dibutuhkan pembangunan bronjong serta aliran sungai baru sepanjang kurang lebih 300 meter oleh pihak terkait," ungkapnya.

Hal itu karena ketika arus sungai naik, abrasi pada bibir sungai terus terjadi. Dikhawatirkan hal itu akan terus terjadi apabila tidak ditindaklanjuti.

Simak juga 'Pilu Korban Banjir di Banyuwangi, Rumah Rata Disapu Air Bah':

[Gambas:Video 20detik]



(idh/idh)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT