Menhub Apresiasi Festival Suara Musik Jalanan: Ini Ruang Berekspresi

ADVERTISEMENT

Menhub Apresiasi Festival Suara Musik Jalanan: Ini Ruang Berekspresi

Brigitta Belia Permata Sari - detikNews
Sabtu, 05 Nov 2022 00:48 WIB
Menhub di Acara Festival Suara Musik Jalanan
Foto: Menhub di Acara Festival Suara Musik Jalanan (Brigitta Belia Permata Sari/detikcom)
Jakarta -

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menghadiri acara Press Conference Festival Suara Musik Jalanan di Sarinah, Jl. MH Thamrin No. 11, Jakarta Pusat. Menhub memberikan apresiasi atas terselenggaranya festival tersebut.

Acara tersebut dilaksanakan dalam rangka memasuki babak final pada tanggal 10 November 2022 yang bertepatan dengan Hari Pahlawan.

"Saya sangat apresiasi acara festival ini. Festival musik ini memberikan ruang ekspresi bagi saudara-saudara kita yang sehari-hari berprofesi sebagai musisi jalanan," ujar Budi pada wartawan, Jumat (4/11/2022).

Menurutnya anak bangsa memiliki potensi luar biasa dalam bermusik. Dengan adanya festival tersebut, menandakan kesempatan juga untuk mereka berkompetisi.

"Bangsa Indonesia ini punya suatu potensi yang luar biasa. Kita isi ruang itu agar anak bangsa diberi kesempatan yang sama. Dengan adanya festival ini, ada kesempatan mereka untuk berkompetisi," ungkapnya

Ia juga mengajak masyarakat untuk bisa memberi ruang kepada musisi jalanan untuk bangkit. Budi membeberkan bahwa nantinya musisi jalanan jebolan Festival Suara Musik Jalanan 2022 akan mengisi acara di ruang publik.

"Kita harus memberikan ruang kepada mereka untuk ambil, bangkit. Nanti kita akan menyiapkan mereka untuk tampil di stasiun, bandara. Satu sisi ruang publik itu harus diisi dengan seni. Jadi saya apresiasi dan terima kasih karena ini bisa terlaksana, sehingga ruang- ruang seni itu ada di ruang publik," imbuhnya.

Elek Yo Ben hingga d'Masiv Meriahkan Acara

Festival Suara Musik Jalanan (FSMJ) yang merupakan ajang kompetisi musik jalanan skala nasional bakal turut dimeriahkan oleh Elek Yo Ben. Elek Yo Ben merupakan sebuah grup band yang terdiri dari sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju. Elek Yo Ben akan tampil bersama d'Masiv dan Charlie van Houtten (Setia Band).

Sementara itu, Ketua Yayasan Bahtera Maju Indonesia, Wihana Kiranajaya juga menegaskan komitmen Yayasan untuk mendukung pemberdayaan masyarakat, termasuk kepada para pengamen jalanan.

"Yayasan Bahtera Maju Indonesia memiliki misi untuk membantu masyarakat Indonesia untuk lebih berdaya dan kuat secara ekonomi. Kami telah melakukan program pemberdayaan masyarakat di Jawa Barat dan sekitarnya, yang akan terus kami perluas ke daerah-daerah lain," kata Wihana.

Sekitar 160 peserta yang datang dari seluruh Indonesia, baik perorangan maupun grup, telah mengikuti seleksi FSMJ. Seleksi dilakukan berdasarkan video demo yang dikirimkan oleh peserta. Kriteria penilaian didasarkan pada aransemen, harmonisasi artikulasi vokal, dan penampilan. Ada 2 ketentuan wajib yang harus dipenuhi peserta yaitu :

1. Membawakan karya lagu sendiri dengan tema kepahlawanan, dan
2. Membawakan lagu yang sudah dikenal publik dengan tema kepahlawanan.

Setelah dilakukan kurasi kembali, telah terpilih 10 kelompok musisi jalanan yang lolos ke babak final & akan tampil secara langsung di TVRI nasional pada 10 November 2022. Adapun dewan juri yang akan terlibat dalam penentuan 5 besar nanti adalah:

1. Andi Malewa - Praktisi Musik Jalanan dan Pendiri Institut Musik Jalanan
2. Yoyik Lembayung - KPJ Bulungan
3. Alvon Malioboro - Pegiat seni musik dan sanggar Notoyudan Yogyakarta

Selanjutnya, lima penampil terbaik dari semifinal akan tampil dalam final. "Dan akhirnya kami akan memilih tiga peserta terbaik dalam malam Grand Final, yang akan dilaksanakan pada Kamis, 10 November 2022 di Studio TVRI," ucap Malewa.

Simak juga 'Usulan LRT Terhubung Disetujui, Menhub: Manggarai jadi Central Station':

[Gambas:Video 20detik]



(maa/maa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT