Sambut Hari Wayang Nasional, Kemenko PMK Gelar Wayang Kulit Milenial

ADVERTISEMENT

Sambut Hari Wayang Nasional, Kemenko PMK Gelar Wayang Kulit Milenial

Silvia Ng - detikNews
Jumat, 04 Nov 2022 22:03 WIB
Pagelaran Wayang di Kemenko PMK
Pagelaran Wayang di Kemenko PMK (Foto: Silvia/detikcom)
Jakarta -

Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) menggelar pertunjukan wayang kulit yang dilakukan oleh generasi milenial. Pagelaran ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda dan menyambut Hari Wayang Nasional.

Pertunjukan wayang kulit ini digelar di halaman depan kantor Kemenko PMK, Jakarta Pusat, Jumat (4/11/2022) malam. Pagelaran wayang kulit ini dibuka oleh Deputi Bidang Koordinasi Revolusi Mental, Pemajuan Kebudayaan, dan Prestasi Olahraga Kemenko PMK Didik Suhardi.

Didik mengatakan pagelaran wayang milenial ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda sekaligus Hari Wayang yang jatuh pada Senin (7/11) mendatang. Didik mengatakan pihaknya bakal menggelar pertunjukan warisan kebudayaan lainnya.

"Ini dalam rangka memperingati Sumpah Pemuda sekaligus juga menyongsong Hari Wayang dan juga Hari Pahlawan," kata Didik dalam sambutan acara wayang kulit di kantor Kemenko PMK, Jakarta Pusat.

"Karena kita ingin bahwa budaya Indonesia yang hari ini adalah wayang, mungkin berikutnya kesenian Sunda, Wayang Golek misalnya. Budaya Padang, atau Bali berikutnya. Yang jelas sebagai kementerian koordinator yang membidangi kebudayaan, saya kira sangat relevan kalau kegiatan ini kita lakukan," sambungnya.

Didik berharap pertunjukan wayang kulit milenial ini dapat menjadi budaya bangsa yang dilestarikan oleh generasi muda.

"Kita ingin bahwa wayang ini menjadi salah satu budaya bangsa yang harus diketahui disadari dan dilanjutkan oleh generasi kita yang akan datang," ungkapnya.

Didik mengatakan bahwa cerita wayang memiliki hubungan erat dengan revolusi mental. Dia berharap agar banyak nilai-nilai yang diambil melalui pagelaran wayang kulit ini.

"Wayang mempunyai katakter nilai yang luar biasa. Kalau kita kaitkan dengan revolusi mental, wayang ini banyak sekali cerita dan pagelaran wayang ini terkandung etos kerja nilai gotong royong dan integritas," tuturnya.

"Semoga wayang ini juga banyak nilai-nilai yang bisa kita ambil dan itu bisa menjadi salah satu motivasi inspirasi yang bisa kita gunakan dalam rangka meningkatkan kinerja di Kemenko PMK," imbuhnya.

Dalam acara ini, turut hadir juga Sekretaris Deputi Bidkoor Kamtibmas Kemenko Polhukam Brigjen Pol Hadi Gunawan dan Rektor Universitas Indraprasta H Sumartoyo.

(knv/knv)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT