Begal di Gunung Merbabu yang Resahkan Pendaki Ditangkap!

ADVERTISEMENT

Begal di Gunung Merbabu yang Resahkan Pendaki Ditangkap!

Jarmaji - detikNews
Jumat, 04 Nov 2022 16:31 WIB
Gunung Merbabu, Boyolali.
Gunung Merbabu (Ragil Ajiyanto/detikJateng)
Boyolali -

Masih ingat video viral yang menarasikan adanya begal di jalur pendakian Gunung Merbabu via Suwanting, Magelang, Jawa Tengah? Pria terduga begal yang meresahkan para pendaki itu akhirnya ditangkap.

"Alhamdulillah, Kamis (3/11) kemarin teman-teman dari basecamp dan resor berhasil mengajak turun (pelaku)," kata Koordinator Perlindungan Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb), Yulianto, saat dimintai konfirmasi, seperti dilansir detikJateng, Jumat (4/11/2022).

Yulianto menuturkan pihaknya langsung menelusuri di sekitar Pos 3 jalur Suwanting, Magelang, setelah mendapatkan laporan adanya begal. Pihaknya akhirnya menemukan terduga pelaku berinisial M (30) yang dinilai meresahkan itu.

"Kemarin ada sekitar 16 orang dari basecamp waktu Subuh itu naik ke atas, ke Pos 3. Sampai di Pos 3 sekitar pukul 10.30 WIB. Kemudian dimediasi, diajak turun, mau, Kemudian dibawa turun, sampai basecamp sekitar pukul 12.00 WIB," jelas Yulianto.

Pria berinisial M itu lalu dibawa ke kantor Seksi Pengelolaan Taman Nasional wilayah II Tlogowanan, Magelang. Sebab, banyak warga yang kesal dan geram terhadap kelakuan M di jalur pendakian Merbabu itu.

M informasinya sering meminta logistik dan uang kepada pendaki. Dia juga nekat mencuri sejumlah barang milik pendaki yang ditinggal naik ke puncak, bahkan tenda yang digunakan untuk pelaku berkemah disebut-sebut hasil dari mencuri milik pendaki.

Baca selengkapnya di sini

Simak juga 'Polisi Ringkus Otak Begal Warga Pakai Samurai di Medan':

[Gambas:Video 20detik]



(idh/idh)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT