Warga Bekasi Jual HP Dibayar Uang Palsu, Terungkap dari ATM

ADVERTISEMENT

Warga Bekasi Jual HP Dibayar Uang Palsu, Terungkap dari ATM

Isal Mawardi - detikNews
Jumat, 04 Nov 2022 13:29 WIB
Ilustrasi Uang Palsu
Foto: Ilustrasi uang palsu (Basith Subastian/detikcom)
Bekasi -

Polisi menangkap 2 pengedar uang palsu di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Sebanyak 41 lembar uang palsu senilai Rp 100 ribu diamankan.

Kanit Reskrim Polsek Cikarang Barat Iptu M Said Hasan penangkapan pelaku ini bermula dari laporan korban yang mengalami hambatan saat menyetorkan uangnya ke ATM.

"Awalnya korban ingin melakukan setor tunai mandiri di ATM, kemudian pada saat itu mesin ATM tersebut menolak uang yang disetor, setelah diperiksa secara detil ternyata uang tersebut palsu," ujar Iptu Said dalam keterangannya, Jumat (4/11/2022).

Rupanya, uang palsu tersebut didapat korban dari hasil jual beli ponsel dengan seorang pelaku. Korban yang merasa dirugikan, kemudian melaporkannya ke polisi.

Polisi menindaklanjuti laporan korban. Hasilnya, 2 pelaku pengedar uang palsu berinisial AH dan M ditangkap.

"Dari hasil penyelidikan itulah, ada dua orang yaitu AH dan M yang berhasil diamankan, pada saat dilakukan penggeledahan ditemukan 41 lembar uang palsu pecahan Rp 100.000 bersamaan dengan peralatan yang digunakan untuk membuat uang tersebut," jelas Iptu Said.

Ternyata, kedua pelaku berkaitan dengan kasus penipuan yang dialami seorang pedagang mi ayam di Cikarang viral beberapa waktu yang lalu. Kasusnya persis, yakni transaksi menggunakan uang palsu.

"Pelaku dalam kasus ini masih sama dengan video pedagang mi ayam yang viral setelah menerima uang palsu dari pembelinya beberapa waktu lalu yang beredar di media sosial Instagram, yang diunggah oleh anak dari pedagang mi ayam tersebut yakni Sari, bahwa kejadian yang dialami oleh ayahnya itu terjadi pada, Senin (26/09) lalu," tutur Said.

Polisi mengamankan sejumlah barang bukti, di antaranya satu unit printer copy scan merk Canon Pixma MP287, satu rim kertas F4 beserta hasil print uang palsu pecahan Rp 100.000 yang tercetak di kertas F4 dalam kondisi belum terpotong.

Para pelaku ditahan di Mapolsek Cikarang Barat.

Lihat juga video 'Polda Jatim Ringkus Sindikat Pencetak Uang Palsu, 11 Tersangka Diamankan':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/mei)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT