Ada Demo Buruh di Kemnaker, Lalu Lintas Arah Pancoran Tersendat

ADVERTISEMENT

Ada Demo Buruh di Kemnaker, Lalu Lintas Arah Pancoran Tersendat

Isal Mawardi - detikNews
Jumat, 04 Nov 2022 10:38 WIB
Arus lalu lintas di depan Gedung Kemnaker (Isal Mawardi/detikcom)
Foto: Arus lalu lintas di depan Gedung Kemnaker (Isal Mawardi/detikcom)
Jakarta -

Buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dan Partai Buruh menggelar demonstrasi di Gedung Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnarker) RI. Polisi menyiagakan 355 personel untuk mengamankan demo dan mengatur lalu lintas.

"(Sebanyak) 355 (personel disiagakan)," ujar Kabagops Polres Jakarta Selatan AKBP Ruslan Idris ketika dihubungi, Jumat (4/11/2022).

Ruslan mengatakan saat ini belum ada pengalihan arus lalu lintas. Namun, pihaknya telah menyiapkan rekayasa lalin.

"Sementara belum (pengalihan arus lalu lintas), kita lihat situasi di lapangan, kita siapkan juga untuk rekayasa lalin," tambah Ruslan.

Saat ini sejumlah personel kepolisian sudah berjaga di lokasi. Massa ada yang sudah berada di lokasi aksi, tapi ada juga yang masih dalam perjalanan menuju Gedung Kemnaker.

"Massa juga udah datang tapi belum banyak," tutur Ruslan.

Pantauan detikcom, pukul 10.28 WIB, lalu lintas di depan gedung Kemnaker tampak sedikit tersendat. Kendaraan masih dapat melaju dengan kecepatan rendah.

Demo Buruh

Buruh mengakukan 4 tuntutan dalam aksi hari ini. Pertama, mereka menuntut kenaikan UMK 2023 sebesar 13%.

"Kedua, menolak PHK dengan dalih resesi global karena di Indonesia tidak ada resesi," ujar Presiden Partai Buruh dan KSPI Said Iqbal dalam keterangannya.

Ketiga, menolak omnibus law UU Cipta Kerja. Dan keempat, mendesak agar RUU Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (PPRT) segera disahkan.

"Selain di Kantor Menteri Ketenagakerjaan, aksi juga dilakukan di beberapa kota industri seperti Serang di Banten, Bandung di Jabar. Semarang di Jateng, Batam di Kepri, Medan di Sumut, dan di beberapa kota industri lain," tambahnya.

Simak video 'Catat! Daftar Rekayasa Lalin di Sekitar Istana Saat Demo 411':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/jbr)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT