PA 212 Gelar Aksi 411 Besok, Habib Rizieq Belum Pasti Ikut

ADVERTISEMENT

PA 212 Gelar Aksi 411 Besok, Habib Rizieq Belum Pasti Ikut

Adrial Akbar - detikNews
Kamis, 03 Nov 2022 18:36 WIB
Habib Rizieq Shihab saat menghadiri aksi damai 2 Desember di Monas, Jakarta, Jumat (2/12/2016).
Foto: Hasan Al Habshy/detikcom
Jakarta -

Persaudaraan Alumni (PA) 212 akan melakukan demonstrasi di sekitar Istana Negara, Jakarta Pusat. Sejumlah tokoh agama disebut akan hadir.

"Bahwa GNPR bersama seluruh elemen masyarakat akan bersama-sama mengadakan aksi damai, monumental, konstitusional dan dilindungi undang-undang. (Aksi) akbar 411 yang insyaallah akan dilaksanakan pada hari Jumat, 4 November 2022," ujar Habib Muhammad bin Husein Alatas dalam konferensi pers di Jakarta Selatan, Kamis (3/11/2022).

Menantu Habib Rizieq Shihab itu juga mengajak masyarakat lain bergabung dalam aksi 411 yang berlangsung besok Jumat (4/11). Menurutnya, aksi 411 besok telah sesuai dengan aturan yang ada.

"Mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bahu membahu melaksanakan hak check and balance terhadap jalannya pemerintahan melalui antara lain aksi turun ke jalan sebagai konsekuensi negara berdemokrasi," kata Husein.

Sementara itu, Sekretaris Majelis Syuro PA 212 Slamet Maarif belum bisa memastikan kehadiran Habib Rizieq Shihab esok hari. Keputusan hadir atau tidaknya Habib Rizieq perlu didiskusikan lagi dengan pengacaranya.

"Belum ada kepastian karena informasi itu bisa didapatkan dari pengacara beliau. Karena kan pengacara lebih tahu harus ada proses-proses yang dilalui," kata Slamet kepada wartawan, Kamis (3/11/2022).

Dirinya juga mengatakan akan ada ribuan massa yang akan hadir pada aksi 411 esok hari. Ada juga beberapa tokoh agama yang akan datang.

"Saya tidak bisa menyebutkan nama-namanya tapi insyaallah besok kita bisa lihat di lapangan siapa yang akan hadir pada 411 besok," ujarnya.

Slamet menuturkan massa yang akan hadir diutamakan dari Jabodetabek. Namun dia tidak bisa memaksa bila ada massa dari luar Jabodetabek yang akan hadir.

"Ya kita utamakan Jabodetabek, tapi kan kita gak bisa melarang menutup temen-temen yang mau menyuarakan haknya," pungkasnya.

Para peserta aksi 411 tersebut rencananya besok akan berkumpul di Masjid Istiqlal untuk menunaikan ibadah salat Jumat terlebih dahulu. Setelah itu, mereka akan berjalan ke kawasan Istana Negara.

Simak juga 'Bertemu Habib Rizieq, Anies: Nggak Ngobrol Macam-macam':

[Gambas:Video 20detik]



(maa/maa)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT