Komnas HAM Ancam Rekomendasikan Bekukan PSSI Jika Tak Benahi Internal

ADVERTISEMENT

Komnas HAM Ancam Rekomendasikan Bekukan PSSI Jika Tak Benahi Internal

Silvia Ng - detikNews
Kamis, 03 Nov 2022 15:19 WIB
Jakarta -

Komnas HAM menyampaikan hasil investigasi Tragedi Kanjuruhan kepada pemerintah melalui Menko Polhukam Mahfud Md. Dalam laporannya, Komnas HAM menyebut Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) sering melanggar aturannya sendiri.

"Ada suatu temuan yang cukup serius, tata kelola sepakbola ini tidak dilandasi oleh satu prinsip ketaatan terhadap tubuhnya sendiri. Jadi kami sampaikan juga PSSI juga banyak melanggar aturannya sendiri, aturan yang dikeluarkan PSSI, yang dibuat PSSI, dibuat FIFA," kata Komisioner Komnas HAM Choirul Anam dalam jumpa pers di kantor Menko Polhukam, Jakarta, Kamis (3/11/2022).

Anam juga mengatakan pihaknya juga menyertakan rekomendasi untuk adanya lisensi penyelenggaraan pertandingan. Dia mengatakan lisensi ini akan jadi dasar terciptanya pertandingan sepakbola profesional.

"Gagasan dasar di FIFA itu kan pertandingan (sepakbola) ini adalah sesuatu dalam kondisi yang normal, membuat orang bahagia dan sehat. Kalau membuat orang mati 135 orang, atau banyak kekerasan di berbagai tempat, ya kebahagiaannya hilang," tutur Anam.

"Oleh karenanya, memang harus dipastikan profesional. Lisensi, sertifikasi, dan sebagainya menjadi tulang punggung untuk profesionalitas," sambungnya.

Komnas HAM memberikan waktu tiga bulan agar dapat dilakukan perbaikan dalam tubuh PSSI. Jika tidak, seluruh aktivitas PSSI terancam dibekukan.

"Makanya dalam waktu tiga bulan kalau itu tidak bisa diperbaiki secara menyeluruh, kami merekomendasikan Pak Presiden menggandeng FIFA untuk membekukan seluruh aktifitas PSSI," ungkap Anam.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT