Sejarah Tugu Pahlawan di Surabaya, Yuk Simak Jelang 10 November

ADVERTISEMENT

Sejarah Tugu Pahlawan di Surabaya, Yuk Simak Jelang 10 November

Kanya Anindita Mutiarasari - detikNews
Jumat, 04 Nov 2022 10:19 WIB
Sejarah Tugu Pahlawan adalah sebuah bangunan untuk memperingati peristiwa pertempuran 10 November. Tugu Pahlawan terletak di Surabaya, Jawa Timur.
Tugu Pahlawan Surabaya (Foto: Bappeko Surabaya)
Jakarta -

Sejarah Tugu Pahlawan adalah sebuah bangunan untuk memperingati peristiwa pertempuran 10 November. Tugu Pahlawan terletak di Surabaya, Jawa Timur.

Seperti kita ketahui, tanggal 10 November adalah peringatan Hari Pahlawan Nasional. Berikut serba-serbi Tugu Pahlawan di Surabaya.

Sejarah Tugu Pahlawan di Surabaya

Tugu Pahlawan adalah salah satu peninggalan bersejarah di Surabaya. Mengutip dari situs Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya, Tugu Pahlawan berada di Jl. Pahlawan, Alun-alun Contong, Kec. Bubutan, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Tugu Pahlawan berdiri sejak 10 November 1951 dan diresmikan oleh Presiden RI, Ir. Soekarno pada 10 November 1952. Bangunan itu untuk mengenang perjuangan para pahlawan kemerdekaan dalam pertempuran 10 November 1945 di Surabaya.

Sejarah Tugu Pahlawan adalah sebuah bangunan untuk memperingati peristiwa pertempuran 10 November. Tugu Pahlawan terletak di Surabaya, Jawa Timur.Sejarah Tugu Pahlawan adalah sebuah bangunan untuk memperingati peristiwa pertempuran 10 November. Tugu Pahlawan terletak di Surabaya, Jawa Timur. (Foto: Bappeko Surabaya)

Tujuan Pembangunan Tugu Pahlawan

Tugu Pahlawan di Surabaya dibangun untuk memperingati peristiwa 10 November 1945. Selain itu, tugu nasional tersebut dibangun dengan tujuan sebagai berikut.

  • Mengenang para pahlawan, terutama arek-arek Suroboyo yang gugur dalam pertempuran melawan penjajah di Surabaya, 10 November 1945
  • Menghargai jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia
  • Membangun jiwa nasionalisme demi mewujudkan karakter kepahlawanan kepada generasi penerus bangsa
  • Menanamkan nilai-nilai positif dari karakter kepahlawanan
  • Menumbuhkan rasa cinta bangsa dan tanah air Indonesia.

Museum di Sekitar Tugu Pahlawan

Di sekitar Tugu Pahlawan dengan lokasi yang sama, dibangun Museum Sepuluh November untuk melengkapi sejarah peristiwa 10 November. Museum itu dibangun pada 10 November 1991 di area Kompleks Tugu Pahlawan, Jl. Pahlawan-Surabaya.

Museum Sepuluh November diresmikan pada tanggal 19 februari 2000 oleh Presiden RI, K.H. Abdurrahman Wahid atau yang dikenal dengan Gus Dur.

Jam Operasional Tugu Pahlawan di Surabaya

Tugu Pahlawan Surabaya dan Museum Sepuluh November berada di satu area. Berikut jam buka kedua tempat bersejarah tersebut.

  • Senin-Jumat: 08.00-16.00 WIB
  • Sabtu-Minggu: 07.00-15.00 WIB.

Harga Tiket Masuk

Untuk berkunjung ke Tugu Pahlawan dan Museum Sepuluh November, pengunjung harus mengetahui harga tiket masuk tempat tersebut. Simak informasi di bawah ini.

  • Umum: Rp 5000
  • Pelajar dan Mahasiswa: Gratis (dengan syarat membawa Kartu Pelajar/Kartu Tanda Mahasiswa).

Apakah Tanggal 10 November Libur?

Hari Pahlawan Nasional jatuh pada tanggal 10 November 2022. Apakah peringatan tersebut termasuk hari libur? Berdasarkan SKB 3 Menteri tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2022, peringatan Hari Pahlawan Nasional bukan termasuk hari libur.

Demikian serba-serbi sejarah Tugu Pahlawan di Surabaya. Semoga bermanfaat!

(kny/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT