50 Petani di Serang Dilatih buat Tingkatkan Produksi Pembenihan Kedelai

ADVERTISEMENT

50 Petani di Serang Dilatih buat Tingkatkan Produksi Pembenihan Kedelai

Dea Duta Aulia - detikNews
Rabu, 02 Nov 2022 17:35 WIB
Pemkab Serang
Foto: Dok. Pemkab Serang
Jakarta -

Pemerintah Kabupaten Serang mengadakan pelatihan kepada 50 petani untuk mengimplementasikan varietas mikroba. Hal itu dilakukan untuk mewujudkan Kabupaten Serang sebagai sentra pembenihan kedelai.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengatakan pelatihan ini sebagai langkah untuk menyambut Kabupaten Serang menjadi sentra perbenihan kedelai.

"Kabupaten Serang oleh Kementan RI diberi mandat sebagai sentra perbenihan kedelai," kata Ratu dalam keterangan tertulis, Rabu (2/11/2022).

Adapun untuk melakukan uji coba varietas pihaknya memanfaatkan lahan seluas 500 hektare untuk ditanami bibit. Pihaknya pun telah menyiapkan anggaran agar program tersebut bisa berjalan dengan baik.

"Tahun depan sudah bisa diuji coba, anggarannya sudah kita masukan ke TAPD," jelasnya.

Sementara itu, pakar pertanian sekaligus penemu varietas mikroba Profesor Ali Zum Mashar mengatakan 50 orang yang dilatih ini akan menjadi pionir bagi petani-petani lainnya di kecamatan masing-masing.

Menurutnya, varietas mikroba ini merupakan teknologi yang dapat menghasilkan produktivitas kedelai yang tinggi. Varietas ini lebih berkualitas dari kedelai impor.

"Kedelainya besar-besar, kandungan gizinya juga cukup tinggi, kemudian juga dapat mengatasi stunting dan mensejahterakan para petani," kata Ali.

Di sisi lain, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Serang Zaldi Dhuhana mengatakan varietas bakal diuji terlebih dahulu oleh Direktorat Perbenihan Kementan RI. Ditargetkan sertifikasi dari Kementan akan keluar pada Maret 2023 mendatang dan Agustus 2023 varietas bisa digunakan.

"Untuk lahannya dan petaninya sudah siap," tutupnya.

(akn/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT