Rapat Bareng Menkes, Anggota Komisi IX DPR Usul Bentuk Panja Gagal Ginjal

ADVERTISEMENT

Rapat Bareng Menkes, Anggota Komisi IX DPR Usul Bentuk Panja Gagal Ginjal

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Rabu, 02 Nov 2022 15:24 WIB
Rapat Menkes Budi Gunadi Sadikin dengan Komisi IX DPR RI
Rapat Menkes Budi Gunadi Sadikin dengan Komisi IX DPR RI bahas kasus gagal ginjal akut pada anak. (Firda/detikcom)
Jakarta -

Sejumlah anggota Komisi IX DPR mengusulkan pembentukan panitia kerja (panja) di komisi dalam merespons maraknya kasus gagal ginjal akut pada anak. Usulan itu muncul dalam rapat Komisi IX DPR bersama Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin.

Pantauan detikcom, Rabu (2/11/2011), di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, rapat itu dihadiri Menkes Budi bersama sejumlah pihak dari lembaga terkait. Terlihat Kepala BPOM Penny Lukito, Ketum IDAI Piprim Basarah, Sekjen Gabungan Perusahaan Farmasi Andreas Bayu Aji, dan Direktur Eksekutif IPMG Inge Kusuma juga hadir di ruangan. Rapat dipimpin oleh Ketua Komisi IX DPR Felly Estelita.

Mulanya usul itu disampaikan oleh anggota Komisi IX DPR Fraksi PDIP, Elva Hartati. Elva mengusulkan kepada pimpinan komisi agar mengambil langkah pembentukan panja dalam mengawasi tindak lanjut yang dilakukan pemerintah dalam menangani kasus gagal ginjal akut.

"Ibu pimpinan kami mohon persoalan ini kami membentuk panja," kata Elva di akhir penyampaiannya.

Hal senada disampaikan oleh anggota Komisi IX DPR Fraksi NasDem, Irma Suryani Chaniago. Irma mendorong tata kelola bahan baku obat yang ada di RI serta regulasinya harus diperbaiki.

"Jadi saya kira teman-teman Komisi IX yang saya hormati, saya mengusulkan karena tata kelola dari bahan baku obat yang ada di Indonesia ini harus diperbaiki, regulasinya juga, komitmennya juga harus diperbaiki. Saya sepakat dengan Bu Elva Hartati tadi, ya kita bikin panja," kata Irma dalam kesempatan yang sama.

(fca/fas)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT