Kronologi Penemuan Ular Naga di Curug Cikoleangkak Gunung Sanggabuana

ADVERTISEMENT

Kronologi Penemuan Ular Naga di Curug Cikoleangkak Gunung Sanggabuana

Irvan Maulana - detikNews
Rabu, 02 Nov 2022 15:12 WIB
Ular naga Jawa di Pegunungan Sanggabuana, Karawang.
Ular Naga Jawa (Dok. Sanggabuana Conservation Foundation)
Jakarta -

Ular naga yang selama ini dianggap sebagai mitologi ternyata ditemukan hidup di Pegunungan Sanggabuana, Kabupaten Karawang. Ular itu ditemukan oleh Sanggabuana Conservation Foundation (SCF) di aliran sungai Curug Cikoleangkak.

Kepala Divisi Konservasi Keanekaragaman Hayati SCF Uce Sukendar menceritakan kronologi penemuan ular naga Jawa bernama Latin Xenodermus javanicus tersebut.

Ular naga Jawa itu ditemukan tidak sengaja oleh anggota tim yang sedang melakukan observasi di wilayah Curug Cikoleangkak, Pegunungan Sanggabuana, pada Sabtu (29/10/2022) malam.

"Ular naga ini kami temukan di aliran sungai Curug Cikoleangkak pada malam hari saat herping (kegiatan mencari amfibi atau reptil)," kata Uce dilansir detikJabar, Rabu (2/11).

Saat itu Uce dan sejumlah rekannya melakukan analisis vegetasi dibantu oleh mahasiswa dari Fakultas Biologi Universitas Nasional dan Sispala SMAN 1 Tegalwaru.

"Sebenarnya ular ini ditemukan tidak sengaja, dan sebelumnya saya sudah mencari keberadaan ular naga Jawa ini sejak setahun yang lalu. Kami mencari sejak dari Curug Cipanunda di atas Kampung Tipar, yang ada di wilayah Karawang sampai di Curug Cimata Indung yang hutannya masuk wilayah Purwakarta," kata dia.

Baca berita selengkapnya di sini.

Lihat juga Video: Tim Panji Petualang Evakuasi King Kobra yang Tewaskan Tuannya di Trenggalek

[Gambas:Video 20detik]




(rdp/idh)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT