Pembunuhan di Jatijajar Depok, Sadisnya Ayah Bunuh Putrinya Sendiri

ADVERTISEMENT

Pembunuhan di Jatijajar Depok, Sadisnya Ayah Bunuh Putrinya Sendiri

Dwi Rahmawati - detikNews
Selasa, 01 Nov 2022 16:56 WIB
Pembunuhan di Jatijajar Depok mengebohkan masyarakat. Seorang pria tega membunuh anaknya sendiri dan melukai istrinya hingga kritis.
Lokasi pembunuhan di Jatijajar Depok (Foto: Dwi/detikcom)
Jakarta -

Pembunuhan di Jatijajar Depok menghebohkan masyarakat. Seorang pria tega membunuh anaknya sendiri dan melukai istrinya hingga kritis. Kini pelaku sudah ditangkap oleh pihak kepolisian.

Lantas, bagaimana kronologi pembunuhan tersebut? Berikut penjelasan lengkapnya.

Awal Mula Pembunuhan di Jatijajar Depok

Pembunuhan sadis terjadi di Cluster Pondok Jatijajar, Tapos, Depok, pada Selasa (1/11/2022). Pelaku adalah seorang ayah yang membunuh anaknya yang duduk di kelas VI SD. Tak hanya itu, pelaku juga melukai istrinya hingga dalam kondisi kritis.

Kasat Reskrim Polres Metro Depok AKBP Yogen Heroes Baruno mengatakan ada saksi di lantai dua rumah yang mendengar teriakan dari lantai bawah. Saksi melihat pelaku membunuh anak dan melukai istrinya.

"Jadi awalnya saksi yang tinggal di lantai dua rumah ini mendengar suara teriakan dari korban. Kemudian saksi turun ke bawah untuk menolong korban dan kemudian, karena melihat pelaku masih membabi buta, jadi belum berani turun," kata Yogen, Selasa (1/11/2022).

Setelah melihat pelaku sudah di luar, saksi langsung menghubungi warga untuk membantu korban.

Pelaku pembunuhan di Jatijajar Depok (berbaju hijau) saat ditangkap polisi. Pelaku tega membunuh anaknya dan melukai istrinya.Pelaku pembunuhan di Jatijajar, Depok (berbaju hijau), saat ditangkap polisi. Pelaku tega membunuh anaknya dan melukai istrinya. (Dwi/detikcom)

Kondisi Kedua Korban: Anak Meninggal, Istri Kritis

Anak pelaku yang menjadi korban pembunuhan mengalami luka parah di bagian kepala. Sementara itu, istri korban yang juga mendapat tindak kekerasan disebut kritis.

"Kalau dilihat dari luka, memang sadis ya. Ada beberapa bacokan, ada beberapa jari yang terputus segala macam. Jadi kita masih menunggu hasil visum dari rumah sakit," kata Kasat Reskrim Polres Metro Depok AKBP Yogen Heroes Baruno, Selasa (1/11/2022).

"Untuk anak (luka) kepala, tangan, beberapa jari putus, mata ya, leher banyak darahlah. Jadi meninggal karena kehabisan darah. Istri lukanya di muka sama badan. Kita belum bisa (dalami) karena masih dibawa ke rumah sakit," tambahnya.

Pelaku Hendak Bunuh Adik Sendiri

Tetangga korban yang bernama Eka Heri mengatakan pelaku sempat menangis setelah membunuh putri dan menyerang istrinya. Pelaku menyebut telah puas membunuh korban.

"Cuma dibilang 'gua udah puas, dua setan udah gua bunuh nih, tinggal satu setan lagi belum gue bunuh'," kata Eka menirukan ucapan pelaku di lokasi, Jatijajar, Tapos, Selasa (1/11/2022).

Eka menambahkan pelaku juga hendak membunuh adik kandungnya. Namun adik RNA yang berada di lantai dua sempat diselamatkan oleh tetangga.

"Dia masih mau ngincer adiknya, tapi adiknya sudah kita evakuasi sama Pak Heru (keluarga) dibawa kabur, jadi alhamdulillah aman," ucap Eka.

Kesaksian Tetangga Usai Pelaku Membunuh Korban

Eka Heri selaku tetangga korban mengungkapkan hal lain soal pembunuhan tersebut. Pasca-insiden itu, pelaku keluar dari rumah sambil membawa senjata tajam dan menuntun anak kedua pelaku yang paling kecil.

"Pelaku megang senjata kayak golok panjang, anak yang kecil dituntun sambil bawa golok panjang terus dia meluk Pak Heru (paman), dia minta maaf," kata Eka, Selasa (1/11/2022).

"Pelaku sudah duduk di sini, nih, sambil nangis-nangis. Nah, akhirnya kita tenangin sama tetangga. Sama saudaranya dia juga, Pak Heru namanya," lanjutnya.

Ketika Eka mendatangi rumah pelaku, ia terkejut karena melihat kondisi istri dan anak pertama dari pelaku sudah bersimbah darah. Anak pelaku meninggal di tempat, sedangkan istri kritis.

"Nah, saya suruh bawa mobil bawa korban, saya ke dalam nggak tahunya korban sudah tergeletak dua orang. Anaknya sama istrinya," ungkap Eka.

Pelaku Pembunuhan Ditangkap Polisi, Motif Didalami

Rizky Noviyandi Achmad (31), yang menjadi pelaku pembunuhan anaknya dan penganiayaan istrinya, sudah ditangkap polisi. Hal itu dibenarkan oleh Kasat Reskrim Polres Metro Depok AKBP Yogen Heroes Baruno.

Selain melakukan penangkapan, polisi masih mendalami motif pembunuhan yang dilakukan oleh pria tersebut.

"Awalnya diamankan di Polsek Cimanggis, kemudian dibawa ke Polres untuk kita gali lebih lanjut, karena sampai sekarang dari pelaku belum memberikan keterangan terkait motif apa terjadinya pembunuhan sadis ini," kata Yogen.

Pelaku Ditetapkan Jadi Tersangka

Rizky selaku pelaku pembunuhan di Jatijajar, Depok, resmi ditetapkan sebagai tersangka. Ia dijerat Pasal 338 KUHP tentang pembunuhan. Pelaku disebut merupakan karyawan swasta.

"Sudah (tersangka)," kata Kasat Reskrim Polres Metro Depok, AKBP Yogen Heroes Baruno, Selasa (1/11/2022).

"Pasal 338, (profesi) swasta," imbuhnya.

Simak juga Video: Dukun Diperiksa Jadi Saksi Kasus Mutilasi PNS Semarang

[Gambas:Video 20detik]




(kny/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT