Puan Sorot Kasus Gagal Ginjal Akut-Ancaman Omicron XBB di Paripurna

ADVERTISEMENT

Puan Sorot Kasus Gagal Ginjal Akut-Ancaman Omicron XBB di Paripurna

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Selasa, 01 Nov 2022 15:13 WIB
Rapat paripurna DPR RI
Rapat Paripurna DPR RI (Firda/detikcom)
Jakarta -

DPR RI menggelar rapat paripurna masa persidangan II tahun sidang 2022-2023 hari ini. Pada pembukaan masa sidang kali ini, sejumlah persoalan menjadi sorotan Ketua DPR RI Puan Maharani.

Rapat paripurna digelar di Nusantara II, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/11/2022). Rapat tersebut dipimpin oleh Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel. Hadir pula pimpinan lain, yakni Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad dan Lodewijk F Paulus.

Puan mengatakan pihaknya akan menyelesaikan pembahasan sebanyak 15 rancangan undang-undang (RUU) pada masa persidangan ini. Selain itu, Puan menyebut DPR segera menetapkan Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas 2023.

"DPR RI bersama Pemerintah dan DPD RI akan menyelesaikan pembahasan sebanyak 15 (lima belas) rancangan undang undang yang saat ini berada dalam pembahasan Pembicaraan Tingkat I," kata Puan.

"DPR RI juga akan segera menetapkan Prolegnas Rancangan Undang-Undang Prioritas Tahun 2023 sebagai acuan dalam melakukan penyusunan dan pembahasan Rancangan Undang Undang oleh DPR RI dengan Pemerintah, baik RUU yang berasal dari DPR RI dan Pemerintah maupun DPD RI," lanjut dia.

Dalam pidatonya, Puan juga menyebutkan sejumlah permasalahan yang disorot DPR. Permasalahan itu antara lain maraknya kasus gagal ginjal akut pada anak dan ancaman Omicron subvarian XBB yang terdeteksi telah masuk ke Indonesia.

"Dalam menjalankan fungsi pengawasan DPR RI, akan fokus pada beberapa isu dan permasalahan yang menjadi perhatian di tengah masyarakat saat ini, antara lain," kata Puan.

"Pertama, permasalahan gagal ginjal akut pada anak. Kedua, ancaman Omicron subvarian XBB yang terdeteksi telah masuk ke Indonesia," sambung Puan.

Berikut ini tujuh permasalahan yang saat ini dalam pengawasan DPR:

1. Permasalahan gagal ginjal akut pada anak;
2. Ancaman Omicron subvarian XBB yang terdeteksi telah masuk ke Indonesia;
3. Bencana alam akibat cuaca ekstrem;
4. Persiapan pemilu serentak tahun 2024 oleh penyelenggara pemilu;
5. Penegakan hukum tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, serta pengelolaan dan upaya transformasi sepak bola Indonesia secara menyeluruh;
6. Penegakan hukum kasus narkoba; dan
7. Penegakan hukum jejaring judi online yang ada di Indonesia.

(fca/maa)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT