Kejari Pandeglang Tetapkan Eks Pegawai Bank BUMN Jadi DPO Kasus Korupsi

ADVERTISEMENT

Kejari Pandeglang Tetapkan Eks Pegawai Bank BUMN Jadi DPO Kasus Korupsi

Aris Rivaldo - detikNews
Selasa, 01 Nov 2022 11:36 WIB
Kasi Pidsus Kejari Pandeglang Kunto Trihatmodjo. (Aris Rivaldo/detikcom)
Foto: Kasi Pidsus Kejari Pandeglang Kunto Trihatmodjo. (Aris Rivaldo/detikcom)
Pandeglang -

Kejaksaan Negeri (Kejari) Pandeglang menetapkan Daftar Pencarian Orang (DPO) kepada Zaenal Abidin. Zaenal sendiri merupakan tersangka kasus korupsi kredit fiktif di salah satu bank BUMN cabang Pandeglang.

"Keterangan DPO dikeluarkan untuk kita mencari keberadaan tersangka ZA ini," kata Kasi Pidsus Kejari Pandeglang, Kunto Trihatmodjo, Selasa (1/11/2022).

Zaenal sendiri saat ini sudah hampir satu bulan buron. Kunto menjelaskan pihaknya berkoordinasi dengan Kejaksaan Agung dan Kejaksaan Tinggi Banten untuk segera menangkap pelaku

"Masih mencari keberadaan tersangka ZA, kita sudah minta bantuan dari Kejaksaan Agung maupun Kejaksaan Tinggi Banten untuk mencari keberadaan tersangka ZA," terangnya.

Kunto menjelaskan pihaknya masih menghitung kerugian negara yang ditimbulkan pada kasus tersebut. Menurutnya, kerugian Rp 1,4 miliar yang ditimbulkan berdasarkan hasil perhitungan internal bank.

"Kalau itu hasil audit internal dari pihak bank, bahwa ditemukan indikasi kerugian negara sebesar Rp 1,4 miliar dan itu dari sekitar dari 7 debitur, di mana tujuh debitur itu adalah debitur fiktif yang meminjam uang, padahal debitur ini tidak meminjam uang," ungkapnya.

Kejari Pandeglang sebelumnya menetapkan Zaenal Abidin sebagai tersangka dugaan tindak pidana korupsi pada bank BUMN cabang Pandeglang. Kasus ini diduga merugikan keuangan negara sebesar Rp 1,4 miliar.

"Kita lidik, ada laporan hasil penyidikan dan penyelidikan di Bidang Pidsus. Di situ ternyata bank ini BUMN, ada uang negara, itu ada kerugian negara Rp 1,4 miliar," kata Kasi Intel Kejari Pandeglang Wildan kepada wartawan, Kamis (4/8).

Lihat juga video 'Husni Fahmi-Isnu Edhi Divonis 4 Tahun Bui Terkait Kasus Korupsi e-KTP':

[Gambas:Video 20detik]



(lir/lir)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT