Gempa M 4,7 Sukabumi Terasa di Ciamis hingga Pangandaran

ADVERTISEMENT

Gempa M 4,7 Sukabumi Terasa di Ciamis hingga Pangandaran

Dadang Hermansyah, Aldi Nur Fadillah - detikNews
Senin, 31 Okt 2022 11:50 WIB
Seismograph with paper in action and earthquake - 3D Rendering
Ilustrasi Pencatatan Gempa (Getty Images/iStockphoto/Petrovich9)
Ciamis -

Gempa bumi dengan magnitudo 4,7 terjadi di wilayah Sukabumi, Jawa Barat. Gempa tersebut terasa hingga Ciamis dan Pangandaran.

Di Ciamis, para siswa SD Negeri 4 Kertasari, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, berhamburan ke luar kelas setelah merasakan adanya getaran gempa yang cukup besar. Pada saat gempa, para siswa sedang belajar di kelas lantai 2.

"Tadi gempanya kerasa banget besar, sampai kaca lemari bunyi. Anak-anak langsung pada lari keluar kelas," ujar Guru SD Negeri 4 Kertasari Yuyu Yuliana, seperti dilansir detikJabar, Kamis (31/10/2022).

Gempa juga terasa hingga Kabupaten Pangandaran. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pangandaran Kustiman mengatakan gempa tersebut terasa di sejumlah daerah di Pangandaran.

Sejauh ini belum ada laporan kerusakan di beberapa daerah. "Pantauan tim BPBD di media sosial sudah banyak yang update, artinya banyak yang merasakan," ucapnya.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan gempa ini berpusat di 87 km Barat Daya Kota Sukabumi, Jawa Barat. Gempa terjadi pada pukul 10.05 WIB.

Baca selengkapnya di sini.

Simak juga 'Fakta Seputar Cincin Api yang Jadi Penyebab Indonesia Sering Gempa':

[Gambas:Video 20detik]

(idh/idh)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT