Jalankan Perintah Jokowi, KSAD Gelar Bazar UMKM Bangkitkan Ekonomi

ADVERTISEMENT

Jalankan Perintah Jokowi, KSAD Gelar Bazar UMKM Bangkitkan Ekonomi

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Sabtu, 29 Okt 2022 13:13 WIB
Jenderal Dudung mencicipi jajanan UMKM (Rizky Adha Mahendra/detikcom)
Jenderal Dudung mencicipi jajanan UMKM (Rizky Adha Mahendra/detikcom)
Jakarta -

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman bersama jajaran membuka kegiatan bazar UMKM bertajuk "UMKM Kuat, Indonesia Bangkit" di kawasan Buperta Cibubur, Jakarta Timur (Jaktim). Hal itu dilakukan salah satunya mengikuti perintah Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) untuk mengantisipasi kerawanan pasca-COVID-19.

"Sesuai dengan perintah Presiden Indonesia bahwa untuk mengantisipasi kerawanan pangan pasca-COVID-19, beberapa langkah tadi yang saya lakukan. Salah satunya adalah masalah peningkatan UMKM, baik dari seluruh anggota yang ada. Termasuk warga yang ada di sekitar dengan memanfaatkan para pengusaha di sekitarnya," kata Jenderal Dudung di lokasi, Sabtu (29/10/2022).

Selain mengadakan bazar UMKM, beberapa hal juga telah dilakukannya, mulai kegiatan TNI Manunggal, Babinsa Masuk Dapur Warga, dan kegiatan lainnya yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

"Banyak kegiatan yang selama ini sudah dilakukan di jajaran TNI AD. Sekarang kita merangkul para pengusaha di daerah untuk mengajak dan membangun UMKM untuk lebih meningkatkan produktivitas," tuturnya.

Harapannya, dengan meningkatkan UMKM, masyarakat bisa meningkat kesejahteraannya. Dudung juga menyinggung soal operasional UMKM yang kini mulai dilakukan dengan memanfaatkan teknologi digital.

"Karena memang meningkatkan UMKM ini akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sistemnya sekarang sudah tidak saja konvensional, tetapi sudah menggunakan digitalisasi. Sehingga memudahkan para pelaku UMKM yang bisa meningkatkan usahanya," ujarnya.

"Inilah yang ingin saya sampaikan, mudah-mudahan ke depan kita akan lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan masyarakat justru dengan UMKM ini bisa belajar untuk berusaha. Sehingga kesejahteraan masyarakat akan semakin terjaga," sambungnya.

Dudung terlihat berkeliling ke tenda-tenda yang menjajakan produk UMKM, baik kerajinan tangan maupun makanan. Dia nampak berbincang-bincang dengan penjual.

Dia juga sempat ditawari onde-onde oleh salah satu penjual. Kemudian Dudung terlihat mengambil satu onde-onde dan mencicipinya, setelah itu kembali berjalan.

(isa/isa)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT