Ada Ruang Curhat di Polres Bogor, Warga Bisa Adukan soal Polisi 'Nakal'

ADVERTISEMENT

Ada Ruang Curhat di Polres Bogor, Warga Bisa Adukan soal Polisi 'Nakal'

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Jumat, 28 Okt 2022 19:47 WIB
Polres Bogor bikin program Jumat Curhat untuk mendengarkan keluhan warga soal polisi dan pelayanannya.
Polres Bogor membuka ruang curhat untuk mendengar keluhan masyarakat soal polisi dan pelayanannya. (Rizky Adha Mahendra/detikcom)
Jakarta -

Polres Bogor membuka ruang pelayanan publik untuk menampung keluhan masyarakat terkait polisi 'nakal'. Dengan adanya ruang 'curhat' itu, masyarakat khususnya di wilayah Kabupaten Bogor bisa menyampaikan saran dan kritik kepada polisi.

Program 'Jumat Curhat' ini digagas Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin. Program ini dibentuk sebagai transformasi Polri agar lebih membumi dan dekat dengan masyarakat.

"Semua aduan masyarakat terkait polisi 'nakal', pelayanan yang kurang, saran dan kritik akan kami terima," ujar Iman kepada wartawan, Jumat (28/10/2022).

Di ruang 'Jumat Curhat' ini, warga bisa menyampaikan keluhan soal polisi langsung kepada Kapolres. Kapolres AKBP Iman Imanuddin siap mendengarkan setiap keluhan dan memberikan pelayanan bagi masyarakat. Iman juga akan meminta Polsek jajaran untuk menggelar hal serupa.

"Untuk setiap hari Jumat, setiap pagi dari jam 07.00 WIB sampai pelaksanaan salat Jumat, kami juga membuka Jumat curhat. Masyarakat yang memiliki keluhan atau kritik, saran, masukan kepada kami bisa datang langsung hari Jumat di Ruang Mediasi. Nanti saya sendiri di Polres akan menerima langsung masyarakat yang akan menyampaikan itu," kata Iman.

"Silakan masyarakat bisa menggunakan fasilitas yang tersedia untuk menyampaikan keluhan tersebut," sambungnya.

Pengaduan ke Medsos

Pihaknya juga membuka layanan pengaduan melalui media sosial. Nantinya, masyarakat juga bisa menyampaikan keluhan melalui nomor WhatsApp 081212805587.

"Itu kami membuka layanan Polres Bogor Mendengar. Itu tiap hari melalui platform media sosial, ada Twitter, Facebook, Instagram, WhatsApp juga nanti disebar untuk akun dan nomornya yang digunakan untuk menerima berbagai keluhan, masukan, kritik, saran, yang diberikan masyarakat untuk Polres Bogor," imbuh Iman.

Polres Bogor bikin program 'Jumat Curhat' untuk mendengarkan keluhan warga soal polisi dan pelayanannya.Polres Bogor bikin program 'Jumat Curhat' untuk mendengarkan keluhan warga soal polisi dan pelayanannya. (Foto: Dok. Istimewa)

Selain itu, Polres Bogor juga membuka layanan pemulihan trauma atau trauma healing bagi anggota maupun masyarakat umum. Masyarakat bisa datang ke Ruang Mediasi yang ada di Polres Bogor untuk mendapatkan layanan tersebut.

"Jadi untuk baik anggota maupun masyarakat, kami juga menyiapkan satu tempat pelayanan khusus untuk pemulihan trauma atau trauma healing di Ruang Mediasi," ucapnya.

Pihaknya menyediakan tenaga profesional untuk layanan tersebut. Termasuk untuk melayani resep pengobatan bagi masyarakat.

"Nanti ada dokter atau psikiater yang siaga di ruangan tersebut, yang akan melayani baik untuk internal anggota Polres Bogor atau untuk masyarakat yang membutuhkan pendampingan. Dokter tersebut juga menerbitkan resepnya. Apabila dibutuhkan pengobatan untuk trauma atau untuk pengobatan secara psikiater," ucapnya.

Berikut media sosial yang bisa digunakan masyarakat untuk menyampaikan keluhan dan aduan ke Facebook: Polres Bogor, Instagram: @Humaspolresbogor, atau Twitter: @polresbogor_ dan TikTok: humaspolresbogor.

Simak video 'Kapolri ke Jajaran: Perilaku-perilaku Arogan Tolong Dihilangkan':

[Gambas:Video 20detik]



(mea/mea)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT