Bupati Tangerang Harap Penataan Desa Ketapang Bisa Ditiru Peserta PLNG

ADVERTISEMENT

Bupati Tangerang Harap Penataan Desa Ketapang Bisa Ditiru Peserta PLNG

Adrial Akbar - detikNews
Jumat, 28 Okt 2022 17:11 WIB
Bupati Tangerang Ahmez Zaki (Adrial-detikcom)
Foto: Bupati Tangerang Ahmed Zaki (Adrial-detikcom)
Tangerang -

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengajak para delegasi PEMSEA Network of Local Governments (PNLG) 2022 mengunjungi Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang. Dia memamerkan hasil pembangunan Desa Ketapang yang dilakukan Pemkab Tangerang.

"Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, menjadi intisari dari Tangerang Initiative yang ditandatangani oleh seluruh anggota PEMSEA. Di Tangerang Initiative ini ada beberapa poin terkait pemberdayaan masyarakat, kemudian perlindungan lingkungan hidup, kebersihan laut dan juga ekosistem laut dan juga infrastruktur di kawasan pesisir pantai. Kemudian, ada juga peningkatan ekonomi baik, blue economy dan green economy, dan satu lagi peningkatan kesehatan masyarakat," kata Zaki di Desa Ketapang, Jumat (28/10/2022).

Zaki mengatakan pembangunan di Desa Ketapang berupa rehabilitasi Puskesmas, pasar dan sekolah. Selain itu, ada pula pembangunan stadion, rehabilitasi kawasan padat penduduk serta infrastruktur lainnya.

"Infrastruktur perbaikan dari kawasan tempat pelelangan ikan maupun pendaratan perahu bagi masyarakat," kata dia.

Zaki berharap kunjungan ke Desa Ketapang dapat memberikan contoh untuk anggota PEMSEA lainnya. Dia ingin memberikan contoh pemerintah dan swasta dapat bekerja sama membangun daerah pesisir.

"Tangerang Initiative ini poin-poinnya sudah disepakati dan mudah-mudahan ini menjadi percontohan untuk seluruh anggota PEMSEA yang hadir di sini, maupun yang hadir secara online," ucapnya.

Sebagai informasi, Partnerships in Environmental Management for the Seas of East Asia (PEMSEA) tengah menggelar pertemuan tahunan dengan nama Network of Local Governments (PNLG). PNLG adalah kemitraan lintas pemerintahan dari 12 negara di lingkup Asia Timur.

Ada 53 pemerintahan daerah dari 11 negara anggota dan 3 mitra di Asia Timur yang tergabung di dalam PNLG. Negara-negara yang tergabung sebagai anggota PNLG mendukung keberlanjutan ekosistem, peningkatan infrastruktur, dan ekonomi kawasan pesisir masing-masing.

(haf/haf)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT