Jumat Keliling, Polisi Beri Pesan Kamtibmas ke Warga di Masjid Jaksel

ADVERTISEMENT

Jumat Keliling, Polisi Beri Pesan Kamtibmas ke Warga di Masjid Jaksel

Mulia Budi - detikNews
Jumat, 28 Okt 2022 16:58 WIB
Kapolres Jaksel Kombes Ade Ary Syam Indradi beri pesan kamtibmas usai salat Jumat barang warga.
Kapolres Jaksel Kombes Ade Ary Syam Indradi beri pesan kamtibmas usai salat Jumat barang warga. (Foto: Dok. Poles Jaksel)
Jakarta -

Polres Metro Jakarta Selatan menggelar program Jumat keliling untuk mencegah maraknya gangguan keamanan dengan meningkatkan peran serta masyarakat. Program itu dilakukan di 78 masjid yang tersebar di wilayah Jakarta Selatan.

"Peningkatan peran serta warga terhadap kamtibmas di lingkungannya masing-masing, baik dengan menggalakkan sistem keamanan lingkungan (siskamling) atau menggunakan tenaga keamanan (sekuriti), ditambah dengan memasang CCTV di tempat yang dianggap rawan serta memberikan nomer ponsel Kapolres dan Kapolsek," kata Kasat Binmas Polres Jakarta Selatan, Kompol Arif Budiyanto, dalam keterangannya, Jumat (28/10/2022).

Arif mengatakan, dalam kegiatan itu, masyarakat juga diberi nomor ponsel pribadi Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Ade Ary Syam. Dia menyebut kegiatan itu akan dilakukan secara rutin.

"Tiap Jumat seluruh pejabat Polres dan perwira Polres beragama Islam melaksanakan Jumat keliling bersama masyarakat dan perwira polsek dan Bhabinkamtibmas," ujarnya.

Dia mengatakan polisi juga memberikan edukasi agar masyarakat tak main hakim sendiri. Dia menerangkan pencegahan tindak kejahatan harus dilakukan secara bersama antar-stakeholders terkait bersama masyarakat setempat.

"Imbauan kepada masyarakat agar tidak lakukan kegiatan main hakim sendiri bila menemukan peristiwa tindak pidana. Pencegahan kejahatan agar dilakukan secara bersama-sama RT, RW, Bhabinkamtibmas, Babinsa, aparat desa dan tokoh masyarakat serta warga," ucapnya.

"Sinergitas antar instansi dan masyarakat bersama polisi guna meminimalisir potensi terjadinya kejahatan," imbuhnya.

Dia mengatakan kegiatan Jumat keliling itu berjalan lancar dan aman. Dia menuturkan kegiatan diakhiri silaturahmi bersama pengurus DKM masjid.

"Kegiatan lancar dan kondusif, jemaah Jumat dan DKM serta tokoh masyarakat setempat menyambut baik dan apresiasi program Jumat keliling, kegiatan diakhiri ramah-tamah dan silaturahmi dengan pengurus DKM masjid dan tokoh masyarakat setempat," ujarnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan pihaknya terbuka menerima saran maupun kritik dari masyarakat. Dia mengaku, dalam kegiatan Jumat keliling itu, polisi juga meminta maaf jika pelayanan yang dilakukan belum maksimal.

"Kami dari Kepolisian mohon maaf bila pelayanan dari Polres dan polsek jajaran masih banyak kekurangan, insyaallah akan kami perbaiki, kami juga siap menerima saran, masukan dan kritik menuju perbaikan pelayanan Polri menjadi lebih baik," tutupnya.

(mea/mea)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT