Bank bjb Sabet Penghargaan di ESG Disclosure Awards 2022

ADVERTISEMENT

Bank bjb Sabet Penghargaan di ESG Disclosure Awards 2022

Erika Dyah - detikNews
Rabu, 26 Okt 2022 20:21 WIB
Gedung Bank bjb
Foto: Dok. Bank bjb
Jakarta -

PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (bank bjb) meraih prestasi berupa apresiasi Rating Leadership AA pada Environmental, Social & Governance (ESG) Awards 2022. Penghargaan ini diterima oleh Direktur Utama bank bjb, Yuddy Renaldi pada acara Pengumuman ESG Disclosure Awards 2022.

"Kami berterima kasih atas penghargaan yang telah diberikan Majalah Investor kepada bank bjb. Rating Leadership AA ini membuktikan bahwa bank bjb adalah perusahaan yang agile dan adaptif dalam menyesuaikan diri pada tantangan zaman. Penghargaan ini tidak dapat diraih tanpa kerja sama dan kerja keras seluruh insan bank bjb," ungkap Yuddy dalam keterangan tertulis, Rabu (26/10/2022).

Yuddy menjelaskan penghargaan ESG Awards didasarkan pada hasil pemeringkatan dan penilaian pengungkapan faktor ESG dalam Sustainability Report (SR). Adapun penilaian ini menggunakan metodologi 33 faktor ESG berdasarkan faktor ESG pasar modal terkemuka, studi peraturan, perjanjian internasional, serta standar dan pedoman pelaporan yang juga telah melalui proses assurance oleh Tuv Rheinland.

Menurutnya, evaluasi terhadap pengungkapan ESG dilakukan untuk mengukur sejauh mana transparansi ESG telah dicapai perusahaan. Serta mengetahui langkah apa yang dapat dipraktikkan untuk meningkatkan pencapaian pengungkapan ESG.

Bank bjb Foto: Bank bjb

Ia menambahkan pengungkapan ESG juga bertujuan mendorong perusahaan terkait menjadi lebih agile dan unggul. Khususnya untuk menyesuaikan kondisi kerja, memiliki fokus pada keberlanjutan, dapat bertahan dalam situasi politik, sosial dan lingkungan yang cepat berubah, serta menjadi legasi baru di tengah permasalahan ekonomi.

Sebagai informasi, salah satu media nasional Indonesia sebagai penyelenggara bekerja sama dengan Bumi Global Karbon Foundation (BGKF) dalam melakukan penilaian ini. BGKF merupakan anggota dari Global Reporting Initiative (GRI), Task Force on Climate-related Financial Disclosure (TCFD), dan Partner Silver dari Carbon Disclosure Project (CDP).

(akn/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT