Bupati Tangerang Buka Forum Kelola Pesisir, Diikuti 53 Pemda dari 11 Negara

ADVERTISEMENT

Bupati Tangerang Buka Forum Kelola Pesisir, Diikuti 53 Pemda dari 11 Negara

Adrial Akbar - detikNews
Rabu, 26 Okt 2022 11:21 WIB
Bupati Tangerang Zaki buka forum PNLG 2022
Bupati Tangerang Zaki buka forum PNLG 2022 (Foto: Media center PNLG)
Jakarta -

Forum internasional para anggota Kemitraan Pemerintah Daerah dalam Pengelolaan Lingkungan Pesisir dan Lautan di Asia Timur (PNLG) 2022 resmi dibuka. Pertemuan tahunan ini akan membahas penguatan ekosistem dan ekonomi kawasan pesisir.

Acara ini dibuka oleh Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar. Dalam sambutannya, Bupati Tangerang itu mengapresiasi perwakilan negara anggota Kemitraan dalam Pengelolaan Lingkungan Pesisir di Asia Timur (PEMSEA) yang hadir dalam forum PNLG.

"Pemkab Tangerang tentunya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada seluruh delegasi anggota PNLG yang telah hadir di Kabupaten Tangerang," kata Ahmed Zaki di Atria Hotel Gading Serpong, Kabupaten Tangerang, Rabu (26/10/2022).

Zaki Iskandar yang juga menjabat wakil presiden PNLG menyebut acara ini menjadi ajang berbagi pengalaman dalam pengelolaan kawasan pesisir. Tema yang akan diangkat dalam PNLG 2022 adalah 'Strengthening Coastal Resilience towards Sustainable Local Blue Economies'.

"Untuk berbagi ilmu dan pengalamannya dalam bidang pesisir, tata kelola dalam rangka Integrated Coastal Management (ICM/Pengelolaan Pesisir Terpadu)," ucapnya.

Zaki Iskandar juga berharap forum ini menjadi ajang untuk saling bertukar ilmu. Dirinya juga mengajak para delegasi untuk berkolaborasi membangun daerah pesisir.

"Semoga kita dapat berkolaborasi dalam melaksanakan program pembangunan pesisir, kita menyadari bahwa semua tantangan pembangunan akan mudah diselesaikan jika kita bekerja sama dan berkolaborasi," kata dia.

Sebagai informasi, forum jaringan pemerintah daerah (kabupaten/kota/provinsi) dari negara-negara anggota PEMSEA mengadakan pertemuan tahunan dengan nama PNLG Forum. PNLG adalah kemitraan lintas pemerintahan dari 12 negara di lingkup Asia Timur.

Dalam PNLG tergabung 53 pemerintahan daerah dari 11 negara anggota dan 3 mitra di Asia Timur. Negara-negara yang tergabung sebagai anggota PNLG mendukung keberlanjutan ekosistem, peningkatan infrastruktur, dan ekonomi kawasan pesisir masing-masing.

(lir/lir)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT