Tanah Longsor di Purbalingga: Lokasi Hingga Jumlah Kerusakan

ADVERTISEMENT

Tanah Longsor di Purbalingga: Lokasi Hingga Jumlah Kerusakan

Vandi Romadhon - detikNews
Rabu, 26 Okt 2022 10:43 WIB
Bencana longsor di Purbalingga dipicu oleh hujan deras yang mengguyur sejumlah titik. Warga yang terdampak longsor harus mengungsi ke tempat yang lebih aman.
Ilustrasi tanah longsor (Fuad Hasim/detikcom)
Jakarta -

Tanah longsor di Purbalingga dipicu oleh hujan deras yang mengguyur sejumlah titik. Warga yang terdampak longsor pun harus mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Berikut informasi selengkapnya soal longsor di Purbalingga.

Lokasi Longsor di Purbalingga

Tanah longsor menerjang Desa Siwarak, Kecamatan Karangreja, Purbalingga, Jawa Tengah. Diketahui, bencana alam tersebut terjadi pada Selasa (25/10/2022) sekitar pukul 14.00 WIB. Kemudian, disusul longsor kedua pada pukul 17.45 WIB.

"Longsor dua kali, pertama sekitar pukul 14.00 WIB, yang kedua terjadi sekitar pukul 17.45 WIB. Satu RT kami ungsikan ke Ponpes Miftahul Ulum," kata Kepala Desa Siwarak Suratman, seperti dilansir detikJateng, Rabu (26/10/2022).

Ada tiga titik longsor di Desa Siwarak, Purbalingga. Namun yang paling parah terjadi di RT 3 RW 7.

"Hari ini ada tiga titik longsor. Yang paling parah di RT 3 RW 7. Beberapa bangunan rumah terdampak, bahkan ada yang retak-retak," ungkap Suratman.

Bencana longsor di Purbalingga dipicu oleh hujan deras yang mengguyur sejumlah titik. Warga yang terdampak longsor harus mengungsi ke tempat yang lebih aman.Suasana tempat pengungsian warga yang terdampak tanah longsor di Purbalingga, Jawa Tengah. (Foto: dok. Kades Siwarak)

Penyebab Longsor: Hujan Deras

Kepala Desa Siwarak Suratman mengatakan tanah longsor di desanya disebabkan oleh hujan deras yang terjadi sejak siang hari. Selain itu, lokasi longsor merupakan daerah yang cukup rawan bencana karena berada di perbukitan.

"Penyebabnya hujan deras sejak siang, sampai saat ini juga belum reda sehingga rawan terjadi longsor susulan. Kami putuskan satu RT itu untuk diungsikan ke ponpes yang cukup aman," ucap Suratman.

Kerusakan Bangunan: 48 Rumah Rusak

Longsor di Desa Siwarak, Purbalingga, menyebabkan 48 rumah warga rusak. Kepala BPBD Kabupaten Purbalingga Umar Fauzi menyebutkan 48 rumah warga itu berada di Desa Siwarak RT 04 RW 07.

"Korban jiwa nihil, kerugian material 48 rumah mengalami kerusakan di Desa Siwarak RT 04 RW 07. Kerugian belum dapat diperkirakan karena masih dalam pendataan," ucap Fauzi dikutip detikcom, Rabu (26/10/2022).

202 Warga Setempat Mengungsi

Tidak ada korban jiwa dalam tanah longsor di Desa Siwarak, Kecamatan Karangreja, Purbalingga. Diketahui, sebanyak 202 warga mengungsi ke beberapa titik pengungsian, seperti TPQ Miftahul Ulum, TPQ Sidadai, TPQ Nurul Hikmah, dan beberapa di rumah kerabat mereka.

Berikut rincian pengungsi longsor di Desa Siwarak.

  • 32 balita
  • 150 orang dewasa
  • 3 ibu hamil
  • 17 lansia.

Bantuan Sudah Disalurkan

Kondisi pengungsi tanah longsor di Purbalingga cukup baik. Pihak BPBD Kabupaten Purbalingga sudah mengirimkan bantuan logistik dan barang-barang yang dibutuhkan oleh pengungsi.

"Bantuan logistik sudah mulai dikirim berupa air bersih, beras, kebutuhan matras dan selimut untuk membantu warga yang mengungsi," ungkap Kepala BPBD Kabupaten Purbalingga Umar Fauzi, dikutip detikcom, Rabu (26/10/2022).

Tonton juga Video: Potret Pelajar di Sulbar Terobos Lokasi Longsor Demi ke Sekolah

[Gambas:Video 20detik]



(kny/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT