Viral Para Taruna Adu Jotos, Kemenhub Perintahkan Beri Sanksi

ADVERTISEMENT

Viral Para Taruna Adu Jotos, Kemenhub Perintahkan Beri Sanksi

Jabbar Ramdhani - detikNews
Selasa, 25 Okt 2022 18:55 WIB
Jakarta -

Video para taruna terlibat adu jotos dalam acara Wisuda Terpadu Perwira Transportasi (Wispa). Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyayangkan insiden tersebut.

"Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Perhubungan (BPSDMP) menyesalkan terjadinya insiden keributan antara beberapa taruna setelah acara Pelantikan Terpadu Perwira Transportasi Tahun 2022," kata juru bicara Kemenhub, Adita Irawati, dalam keterangannya, Selasa (25/10/2022).

Peristiwa itu terjadi pada hari ini di kawasan Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat. Dalam video yang beredar, tampak ada sejumlah orang yang terlibat aksi saling pukul.

Keributan itu diduga melibatkan para taruna dari dua lembaga pendidikan tinggi ilmu pelayaran. Kemenhub menegaskan peristiwa itu terjadi setelah acara selesai dan tak membawa institusi sekolah masing-masing.

Dia mengatakan BPSDMP Kemenhub telah memediasi dan menyelesaikan permasalahan. BPSDMP juga terus mendalami penyebab insiden tersebut.

"Sesuai dengan tata tertib taruna pada sekolah BPSDMP, taruna dilarang melakukan kekerasan ataupun terlibat perkelahian. Kepala BPSDMP telah memerintahkan untuk memberikan sanksi bagi yang terbukti melanggar. Kepala BPSDMP juga meminta sekolah untuk mengawasi secara ketat kegiatan taruna agar kejadian tersebut tidak meluas," ucap Adita.

Selanjutnya, BPSDMP memberikan pengarahan dan pembekalan kepada para perwira yang baru dilantik yang nantinya akan melaksanakan tugas di sekolah sekolah BPSDMP. BPSDMP berupaya mengeratkan rasa persatuan dan kebersamaan.

"Diharapkan para perwira transportasi ini dapat secara persuasif menyebarluaskan pesan untuk meningkatkan rasa persatuan antartaruna sekolah BPSDMP. Keberagaman dari sekolah-sekolah BPSDMP, dapat menjadi kekuatan dalam melaksanakan transportasi yang menghubungkan Indonesia," ungkapnya.

(jbr/dnu)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT