Kelakar Hendropriyono Saat Ditanya Pilih Purnawirawan Siapa buat Jadi Capres

ADVERTISEMENT

Kelakar Hendropriyono Saat Ditanya Pilih Purnawirawan Siapa buat Jadi Capres

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Selasa, 25 Okt 2022 14:56 WIB
AM Hendropriyono
Hendropriyono (dok. istimewa)
Jakarta -

Mantan Kepala BIN AM Hendropriyono diberi pertanyaan mengenai kandidat calon presiden (capres) 2024 dari kalangan purnawirawan TNI. Hendro kemudian berkelakar agar seluruh purnawirawan TNI mencalonkan diri sebagai capres.

Hal itu disampaikan Hendro saat menjadi pembicara dalam acara Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat (PPAD) bertema 'Berjuang Dalam Partai Politik' yang disiarkan secara virtual, Selasa (25/10/2022). Hendro diberi pertanyaan soal kandidat capres dari kalangan purnawirawan TNI oleh Brigjen (Purn) Sudarto.

"Apakah Bapak juga berharap ada purnawirawan yang nyapres? Kalau ada, siapa Pak kira-kira, Bapak kan panutan kita, sehingga kita bisa ikuti kita dukung Pak?" tanya Sudarto.

Hendro kemudian menjawab peluang purnawirawan untuk berkontribusi kepada negara bisa melalui banyak jalan, dari menjadi anggota DPR hingga masuk partai politik. Hendro lalu setuju jika capres berasal dari kalangan purnawirawan TNI. Dia berkelakar kalau bisa semua purnawirawan PPAD menjadi capres.

"Kalau kita (purnawirawan) banyak berada di DPR berarti itu kan jalan, apalagi ada di DPD itu jalan, sementara, jalan sementara dalam keadaan seperti ini dan bukan hanya nyaleg, tapi juga calonkan presiden. Oh iya saya setuju (capres purnawirawan TNI), kalau bisa kita yang ada di sini pada nyalon presiden semua," kata Hendro dibalas gelak tawa hadirin.

Menurut Hendro, capres dari kalangan purnawirawan TNI memiliki modal dan mental yang bagus. Selain itu, memiliki fisik yang mumpuni.

"Kan kita kepengen, kita kan kepengen salah satu dari kita jadi presiden. Jadi kan saya juga yang udah tua ini kan bangga presidennya bekas tentara, pasti punya modal dan mental yang begitu hebat dan fisik juga yang bagus. Lalu pertanyaannya siapa kira-kira? Kalau buat saya dari pertanyaan ini ya Brigjen Sudarto aja," ujarnya sembari tertawa.

Hendro ingin semua purnawirawan TNI, khususnya Angkatan Darat, menggunakan setiap kesempatan yang dimiliki. Hendro berharap ada purnawirawan TNI AD yang menjadi capres 2024.

"Jadi kita sama, punya kesempatannya, dan gunakan aja kesempatan itu. Dan kita kan punya seni sendiri di dalam memilih cara atau memilih strategi kan ada beberapa cara, siapa yang menang itu adalah yang pitar memilih cara dan strategi," ucapnya.

"Kita semua belajar catur, kita ngerti catur, tapi kalau kita bertanding ada yang menang, ada yang kalah kan, siapa yang menang? Ya itu yang menguasai seni kan, kalau ilmu caturnya harus dibuka semua orang bisa, tapi kan yang jago cuma satu yang paling jago. Itulah mudah-mudahan kita juga ada yang muncul jagoan kita, supaya 2024 ini begini, kita kan ngomong dari tadi soal mentalitas, soal kejiwaan, jiwa Pancasila, jiwa patriotis. Kita juga harus inget buat kita yang penting adalah seorang militer atau sipil yang militeris militan jiwanya, bukan bekas militer yang sipilis. Itu juga harus waspada itu, hati-hati, kita ini kan bukan pemilih buta," imbuhnya.

Simak juga 'Momen Keakraban Anies Bertemu Panglima di Mabes TNI':

[Gambas:Video 20detik]



(dek/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT