Polisi Imbau Poskamling Diaktifkan Cegah Kriminalitas di Cileungsi Bogor

ADVERTISEMENT

Polisi Imbau Poskamling Diaktifkan Cegah Kriminalitas di Cileungsi Bogor

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Senin, 24 Okt 2022 14:17 WIB
ilustrasi kejahatan kriminal perampokan pembunuhan pemerkosaan pencopetan
Ilustrasi (Foto: andi saputra)
Bogor -

Sejumlah tindakan kriminal bersenjata tajam terjadi di wilayah Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor. Mengantisipasi kejadian serupa terulang, polisi telah meningkatkan kembali patroli.

"Malam minggu kita patroli gabungan skala besar dengan Koramil, Satpol PP. Jadi kalau patroli mah tiap hari rutin," kata Kapolsek Cileungsi, Kompol Andry Fran Ferdyawan saat dihubungi detikcom, Senin (24/10/2022).

Andry juga meminta masyarakat agar kembali menggelar ronda dan mengaktifkan Poskamling. Hal itu bisa bermanfaat meningkatkan keamanan warga hingga di tingkat kampung.

"Saya juga sering gembor-gemborin ke masing-masing desa, ayo dong ada lagi Poskamling lagi, itu tuh manfaat banget. Tanggung jawab keamanan kan bersama-sama," ucapnya.

"Makanya sekarang ada desa presisi nih, ayo dong Poskamling diaktifin lagi. Jadi sekarang nggak bisa kalau ngandelin CCTV doang udah kejadian, mending mencegah kan," sambungnya.

Terhadap pelaku kriminal yang membahayakan warga, lanjut Andry, agar ditindak tegas. Dia tak akan segan untuk menangkap pelaku kriminal yang membahayakan warga.

"Iya tegas aja (tangkap)," paparnya.

2 Kali Tindak Kejahatan Bersenjata Tajam di Cileungsi

Sebelumnya diberitakan, pria berinisial BH (19) menjadi korban pembacokan di Desa Pasir Angin, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor. Korban diserang pelaku yang hendak mencuri motornya.

"Piket Reskrim telah melakukan cek tempat kejadian perkara (TKP) tindak pidana percobaan pencurian dan atau pengeroyokan," kata Kapolsek Cileungsi Kompol Andry Fran Ferdyawan melalui keterangannya.

Peristiwa itu terjadi pada Sabtu (22/10) sekitar pukul 04.30 WIB. Bermula saat korban mengendarai motornya seorang diri dari arah Pasir Angin menuju rumah.

"Di perjalanan, korban diberhentikan 6 orang laki-laki menggunakan 3 unit motor jenis," ucapnya.

Setelah berhenti, dua pelaku langsung menyerang korban menggunakan senjata tajam jenis celurit. Korban lantas menangkis serangan pelaku.

Selain itu, konvoi puluhan motor juga sempat melintas di Jl Cileungsi Jonggol, Kabupaten Bogor, pada Rabu (19/10). Konvoi puluhan pemuda itu sambil mengacung-acungkan celurit

Wakapolsek Cileungsi AKP Tri Lesmana mengatakan peristiwa itu terjadi pada pukul 01.00 WIB dini. Gerombolan pemotor tersebut kemudian dihalau oleh petugas kepolisian yang berjaga.

"Tadi malam kejadian jam 01.00 WIB-an, piket fungsi menghalau di flyover," kata Tri saat dimintai konfirmasi.

(lir/lir)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT