Jalan Mulai Dibangun, Waktu Tempuh Cigudeg-Rumpin Bogor Diharap Berkurang

ADVERTISEMENT

Jalan Mulai Dibangun, Waktu Tempuh Cigudeg-Rumpin Bogor Diharap Berkurang

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Sabtu, 22 Okt 2022 19:19 WIB
Pembangunan jalan hubungnkan Cigudeg dan Rumpin di Bogor (Rizky-detikcom)
Pembangunan jalan yang menghubungkan Cigudeg dengan Rumpin di Bogor. (Rizky/detikcom)
Bogor -

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor bersama TNI mulai membangun jalan yang menghubungkan Kecamatan Cigudeg dengan Rumpin. Camat Cigudeg Pardi berharap jalan itu bisa membuat waktu tempuh antarwilayah makin singkat.

"Jadi jalan ini menghubungkan dua kecamatan yang tadinya adalah merupakan jalan setapak. Sehingga jarak tempuh masyarakat dari Desa Banyu Asih Cigudeg menuju Desa Rabak Rumpin, yang tadinya bisa satu jam, mungkin dengan jalan ini, bisa terpotong menjadi setengah jam," kata Pardi kepada wartawan, Sabtu (22/10/2022).

Dia berharap jalan tersebut bisa membuat kegiatan ekonomi warga lebih mudah. Dia mengatakan warga bakal lebih mudah menuju pusat perekonomian.

"Mudah-mudahan ini bisa meningkatkan perekonomian, misalnya ketika masyarakat harus bepergian ke pasar dan sebagainya," ujarnya.

Semula, jalan yang sedang dibangun tersebut merupakan jalan setapak yang sulit dilalui kendaraan. Saat ini, akses dari Desa Banyu Asih menuju Desa Rabak harus dilalui dengan memutar.

"Masyarakat biasanya menggunakan jalan ini menuju ke Kampung Cilangkap, nanti tembus di Kampung Sawah Rumpin," ucapnya.

Sebelumnya, Komando Resor Militer (Korem) 061/Surya Kencana melalui Komando Distrik Militer 0621/Kabupaten Bogor menggelar TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-115 dengan membangun jalan penghubung Kecamatan Cigudeg dengan Rumpin.

Komandan Korem (Danrem) 061/Surya Kencana Brigjen TNI Rudy Saladin mengatakan pembangunan jalan tersebut bertujuan mempermudah akses masyarakat, sehingga diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan, terutama masyarakat Cigudeg dan Rumpin.

"Ini tadi sudah dibuka, kita bisa lihat bersama maksud tujuan dan misinya sesuai dengan yang disampaikan oleh Plt Bupati yang bacakan oleh Sekda, bahwa kita bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya di wilayah Kecamatan Cigudeg dan Rumpin," kata Brigjen Rudy kepada wartawan di Desa Banyu Asih, Selasa (11/10).

(haf/haf)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT