Polres Jaksel Imbau Warga Pasang CCTV Pantau Lokasi Rawan Kejahatan

ADVERTISEMENT

Polres Jaksel Imbau Warga Pasang CCTV Pantau Lokasi Rawan Kejahatan

Anggi Muliawati - detikNews
Sabtu, 22 Okt 2022 00:14 WIB
Kapolres Jaksel Kombes Ade Ary Syam Indradi ceramah di masjid di Cilandak, Jaksel.
Kapolres Jaksel Kombes Ade Ary Syam Indradi ceramah di masjid di Cilandak, Jaksel. (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta -

Polres Metro Jakarta Selatan gencar melakukan penyuluhan kepada masyarakat dalam rangka pencegahan gangguan kamtibas. Polisi mengimbau warga memperkuat keamanan dengan pemasangan CCTV di tempat-tempat rawan.

"Peran serta masyarakat sangat penting dalam menjaga keamanan lingkungannya masing-masing. Oleh karena itu, kami juga mengimbau agar lingkungan warga terutama di tempat-tempat rawan agar dipasangi CCTV," ujar Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Ade Ary Syam Indradi.

Hal itu disampaikan Kombes Ade Ary Syam Indradi pada program 'Jumat Keliling' di Masjid Al Iqtizom, Jl Antasari, Cilandak, Jakarta Selatan, Jumat (21/10/2022) siang. Kegiatan ini dihadiri oleh Kombes Ade Ary, Kapolsek Cilandak Kompol Multazam Lisendra, hingga Pjs Kasat Binmas Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Arif Buyiyanto.

'Jumat Keliling' merupakan program rutin yang dilakukan setiap Hari Jumat. Di mana setiap Hari Jumat, polisi berkeliling ke masjid-masjid lingkungan permukiman warga untuk menyampaikan imbauan-imbauan terkait gangguan kamtibmas. Selain untuk bertatap muka dengan masyarakat, program 'Jumat Keliling' diharapkan dapat menampung informasi hingga keluhan-keluhan masyarakat terkait kamtibmas.

Ade Ary juga mengimbau agar sistem keamanan lingkungan (Siskamling) dapat digalakkan kembali dengan melibatkan tenaga satuan pengamanan (Satpam) lingkungan.

Kapolres Jaksel Kombes Ade Ary Syam Indradi ceramah di masjid di Cilandak, Jaksel.Kapolres Jaksel Kombes Ade Ary Syam Indradi memberikan imbauan di masjid-masjid. (Foto: Dok. Istimewa)

"Dengan adanya CCTV dan juga Siskamling, setidaknya bisa mengurungkan niat seseorang melakukan pidana," imbuh Ade Ary.

Lulusan Akpol '98 ini juga meminta masyarakat untuk tidak ragu menghubunginya melalui nomor HP pribadinya. Hal ini juga dilakukan oleh jajaran kapolsek Polres Metro Jakarta Selatan.

Sementara itu, Pjs Kasat Binmas Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Arif Budiyanto juga mengimbau agar masyarakat tidak ragu melaporkan peristiwa pidana yang terjadi di lingkungan wilayahnya.

Pencegahan kejahatan agar dilakukan secara bersama-sama mulai dari RT, RW, dan seterusnya. Masyarakat agar tidak menyelesaikan masalah dengan melakukan aksi main hakim sendiri.

"Ada Bhabinkamtibmas di setiap lingkungan RT/RW, sehingga kami harapkan masyarakat menyerahkan pelaku kejahatan kepada aparat kepolisian. Jangan main hakim sendiri," kata Arif.

(mea/mea)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT