10 Fitur Unggulan KAI Access, Bikin Traveling Makin Mudah

ADVERTISEMENT

10 Fitur Unggulan KAI Access, Bikin Traveling Makin Mudah

Jihaan Khoirunnissa - detikNews
Jumat, 21 Okt 2022 10:30 WIB
PT KAI
Foto: PT KAI
Jakarta -

Buat kamu yang hobi naik kereta api, pasti tidak asing dengan aplikasi pemesanan tiket milik KAI, yaitu KAI Access. Tidak hanya digunakan untuk memesan tiket kereta api saja, aplikasi ini juga membantu pelanggan dalam mengakses layanan yang diberikan oleh KAI.

Lalu apa saja fitur unggulan di aplikasi KAI Access?

1. Fitur e-Boarding Pass, Ubah Jadwal, dan Pembatalan Tiket Kereta Api

Dengan KAI Access, masyarakat tidak perlu repot antre untuk mencetak boarding pass di stasiun. Karena aplikasi ini memiliki fitur e-Boarding pass yang bisa digunakan mulai 2 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api.

Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk mengubah jadwal keberangkatan atau ingin melakukan pembatalan tiket.

2. Pesan Tiket Kereta Api Lokal

Selain bisa melakukan pemesanan tiket kereta api antarkota, di KAI Access bisa juga untuk melakukan pemesanan tiket kereta api lokal. Fitur ini cocok buat kamu yang suka melakukan mobilitas commuting sehari-hari.

3. Informasi Layanan KAI group

Dengan menggunakan KAI Access, kamu juga memesan makanan dan minuman, dan kereta wisata. Selain itu, pengguna juga bisa mengakses informasi terkait pemesanan barang KAI Logistik, dan informasi tentang KRL.

4. KAIPay

Kini, pembayaran tiket kereta api makin mudah menggunakan KAIPay. KAIPay juga dapat digunakan untuk pembayaran produk dan layanan yang ada di KAI Access. Sehingga kamu tidak perlu berpindah aplikasi untuk melakukan transaksi pembayaran.

5. Top Up dan Bayar Tagihan

Jangan bingung ketika di perjalanan menggunakan kereta api kehabisan pulsa atau paket data. Kamu bisa memanfaatkan fitur di KAI Access untuk melakukan top up pulsa dan paket data. Tidak hanya itu, kamu juga bisa bayar token listrik, lho.

6. First Mile dan Last Mile

Di dalam aplikasi KAI Access terdapat fitur First Mile dan Last Mile. Fitur layanan ini membantu pengguna yang ingin melanjutkan perjalanan menggunakan bus atau taksi dari stasiun ataupun sebaliknya.

7. Connecting Train

Connecting train merupakan fitur di KAI Access yang dapat memberikan opsi perjalanan naik kereta api, dan menggabung jadwal.

8. Layanan Asuransi Tambahan

Fitur ini dapat memberikan perlindungan tambahan selama melakukan perjalanan menggunakan kereta api. Jadi pengguna bisa travelling dengan tenang.

Meski begitu KAI tetap menjadikan keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api sebagai tujuan utama.

9. Program Loyalitas Railpoint

Jika kamu pengguna KAI Access yang sudah terdaftar sebagai member railpoint, maka setiap transaksi pembelian tiket akan mendapatkan poin. Poin yang dikumpulkan dapat ditukarkan dengan tiket kereta api.

10. Entertainment on Board

Baru-baru ini KAI menghadirkan fitur baru pada KAI Access yaitu entertainment on board. Dengan layanan ini, maka pengguna kereta api bisa menikmati hiburan yang dapat diakses melalui jaringan wifi khusus selama dalam perjalanan.

Kini, layanan tersebut sudah dapat dinikmati pada perjalanan Kereta Api Taksaka (Gambir- Yogyakarta pp) dan akan dikembangkan pada perjalanan kereta api lainnya.

Namun untuk saat ini fitur entertainment on board baru tersedia pada pengguna Android. Semetara untuk pengguna iOS masih dalam tahap pengembangan.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengungkapkan sederet keunggulan tersebut membuat aplikasi KAI Access diminati masyarakat. Menurutnya sejak peluncuran di tahun 2014 silam sampai dengan September 2022 pengguna KAI Access mencapai 9.042.449 user.

Dia menilai sejak mereda pertumbuhan transaksi pemesanan tiket di KAI Access berbanding lurus dengan penambahan kereta yang dijalankan dan dioperasionalkan oleh KAI.

"Semakin banyak kereta yang dijalankan maka semakin banyak juga transaksinya. Selain itu dengan regulasi pemerintah terkait covid-19 juga mempengaruhi transaksi pembelian tiket kereta, salah satunya di KAI Access. Seperti penghapusan kapasitas tempat duduk di kereta, lalu aturan terkait ketentuan vaksin," kata Joni dalam keterangan tertulis, Jumat (21/10/2022).

Menurutnya ke depan, KAI akan terus mengembangkan aplikasi KAI Access untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dan mengikuti perkembangan zaman.

"Pengembangan yang kami lakukan pada KAI Access merupakan wujud inovasi berbasis digital," katanya.

"Hal ini sesuai dengan harapan KAI yang ingin membuat pelanggannya semakin nyaman dalam menikmati berbagai layanan yang ada. Dengan KAI Access, semuanya menjadi mudah," pungkas Joni.

(ega/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT