Kronologi Pencopetan di Halte TransJ Senen, Pelaku Digeledah Penumpang

ADVERTISEMENT

Kronologi Pencopetan di Halte TransJ Senen, Pelaku Digeledah Penumpang

Mulia Budi - detikNews
Rabu, 19 Okt 2022 20:51 WIB
Macet Jakarta disejumlah titik membuat para calon penumpang Bus TransJakarta juga ikutan macet. Antrean terlihat mengular panjang.
Ilustrasi penumpang TransJ mengantre di JPO halte. (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Polisi mengamankan dua pria berinisial AS (31) dan AD (28), pelaku pencopetan di Halte TransJ Senen, Jakarta Pusat (Jakpus). Kedua pelaku sempat digeledah penumpang hingga pakaiannya dibuka dan tersisa pakaian dalam.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin menjelaskan aksi pencopetan ini terjadi pada Selasa (18/10) malam. Kedua pelaku berpura-pura menjadi penumpang yang menunggu bus TransJ di Halte Senen.

"Kejadiannya Selasa, kemarin malam, jam-jam orang pulang kerja," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin saat dihubungi wartawan, Rabu (19/10/2022).

Pelaku Mendorong-dorong Korban

Kedua pelaku membagi peran, di mana salah satu pelaku bertugas mendorong korban, M Idrus. Sementara pelaku lainnya bertugas mengambil ponsel korban.

"Di keramaian terus mendorong-dorong dengan berdua. Yang satu pura-pura mendorong yang satu eksekusi," ujarnya.

Korban kemudian berteriak saat merasa ada yang merogoh ponselnya dari tas. Korban pun menyadari ponselnya telah raib dicuri.

"Jadi korban pada saat desak-desakan merasa dia didorong, pada saat merasa didorong dia terasa bahwa ada yang meraba seperti HP nya di kantongnya. Begitu diperiksa ternyata memang barangnya hilang, jadi bisa langsung diketahui," tuturnya.

Pelaku Digeledah Penumpang Lain

Dia mengatakan korban pun curiga pada dua pelaku yang berada di dekatnya. Penumpang lainnya pun kemudian menggeledah hingga membuka baju pelaku.

Dalam foto beredar yang diterima wartawan, terlihat kedua pelaku di dalam bus TransJ dan hanya memakai celana boxer. Hal ini dibenarkan oleh Komarudin.

"Nah, ini diamankan. Memang sempat diamankan, digeledah oleh masyarakat termasuk oleh petugas juga ya," ucapnya.

Pada penggeledahan itu, didapati ponsel korban ada pada pelaku. Kemudian, pelaku diamankan dan dibawa ke Polsek Senen.

"Ditemukan hanya HP, satu HP jenis Samsung," kata Komarudin.

"Jadi diamankan, sudah diamankan dua orang inisial AS (31) dan AD (28), kemudian modusnya ya biasa memang mencari modus-modus keramaian tepatnya di Halte Busway Senin ya," imbuhnya.

Lihat juga video 'Bujuk Polisi Minta Copet Berpisau di TransJ Serahkan Diri':

[Gambas:Video 20detik]



(mea/mea)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT