Telan 1,2 Kg Kokain, Wanita Asal Peru Ditangkap di Bandara Soekarno-Hatta

ADVERTISEMENT

Telan 1,2 Kg Kokain, Wanita Asal Peru Ditangkap di Bandara Soekarno-Hatta

Adrial Akbar - detikNews
Rabu, 19 Okt 2022 19:40 WIB
Polda Metro Jaya dan Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta membongkar penyelundupan 1,2 kilogram kokain yang dibawa wanita WN Peru.
Foto: Polda Metro Jaya dan Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta membongkar penyelundupan 1,2 kilogram kokain yang dibawa wanita WN Peru. (Adrial Akbar/detikcom)
Jakarta -

Petugas gabungan menggagalkan penyelundupan 1,2 kilogram kokain di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Pelaku, seorang perempuan WN Peru, Elisabeth Akuero Moreano atau EAM (39) menyelundupkan kokain tersebut dengan modus swallow.

"Modusnya ini dengan swallow, di mana (narkoba) diminum, ditelan, sehingga hasil tes urine positif dia ada mengandung kokain," ujar Direktur Narkoba Polda Metro Jaya Kombes Mukti Juharsa dalam jumpa pers di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (19/10/2022).

Mukti mengatakan tersangka Elisabeth menelan kokain 1,2 kilogram yang telah dipecah-pecah dalam 116 butir. Tersangka Elisabeth diamankan di Bandara Soekarno-Hatta pada Selasa (11/10).

"Jadi motifnya untuk menyebarkan dari Brazil dan Peru. Kokain dari Peru dibawa ke Indonesia via Jakarta," kata Mukti.

Narkoba yang disembunyikan di dalam perut tersebut berhasil dideteksi oleh pihak Bandara Soekarno-Hatta melalui mesin deteksi. Hasil tes urine dari tersangka juga dinyatakan positif mengandung kokain.

Tersangka kemudian 'menelurkan' bola-bola kokain itu pada Kamis (13/10). Tersangka saat ini ditetapkan sebagai tersangka dengan ancaman Pasal 114 Ayat 2 subsider Pasal 115 Ayat 1 subsider Pasal 112 Ayat 2 UU No 35 Tahun 2019 Tentang Narkotika.

"Ancaman minimal 6 tahun penjara dan maksimal seumur hidup atau hukuman mati," tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan mengatakan kasus ini terungkap atas kerja sama (join operation) tim Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya dengan Bea dan Cukai Bandara Soekarn-Hatta.

"Yang mana dalam pengungkapan ini berhasil diamankan sebagai barang bukti sebanyak 1.2 kg kokain," ujar Zulpan.

Zulpan menambahkan pengungkapan kokain ini menyelamatkan generasi bangsa dari bahaya narkoba. Zulpan menegaskan Polda Metro Jaya tidak mentolelir dan akan menindak tegas pelaku peredaran narkotika.

"Jika 1gram kokain itu dikonsumsi oleh 10 orang, maka 1,2kg kokain ini, kita menyelamatkan kurang lebih 12.000 orang, sehingga tentunya upaya upaya kerja sama seperti ini tentunya ke depan agar lebih kita tingkatkan lagi, agar tidak ada lagi ekspor tidak ada narkotika yang masuk ke dalam wilayah negara Indonesia, khususnya Jakarta yang digunakan sebagai tempat peredaran," pungkas Zulpan.

(mea/mea)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT