PT LIB Diperiksa Komnas HAM soal Jam Tayang Arema vs Persebaya

ADVERTISEMENT

PT LIB Diperiksa Komnas HAM soal Jam Tayang Arema vs Persebaya

Silvia Ng - detikNews
Rabu, 19 Okt 2022 14:52 WIB
Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB) Sudjarno di Komnas HAM (Silvia Ng/detikcom)
Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB) Sudjarno di Komnas HAM (Silvia Ng/detikcom)
Jakarta -

PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah selesai diperiksa oleh Komnas HAM terkait Tragedi Kanjuruhan. Direktur Operasional PT LIB Sudjarno mengatakan pihaknya telah menjelaskan terkait jam tayang pertandingan Arema FC vs Persebaya kala itu.

"Ya itu (soal jam tayang) secara lengkap sudah dijelaskan, karena itu juga bagian dari kontrak. Itu menjadi keputusan bersama yang sudah dikoordinasikan sedemikian rupa, termasuk dengan broadcaster," kata Sudjarno kepada wartawan di Komnas HAM, Jakarta Pusat, Rabu (19/10/2022).

Selain itu, PT LIB telah menjelaskan tata kelola selaku operator Liga 1 hingga klarifikasi-klarifikasi lainnya. Lalu, Sudjarno juga sudah menjelaskan soal pertemuannya dengan mantan Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat.

"Pertama terkait dengan tata kelola PT LIB selaku operator yang diberi mandat oleh PSSI terkait dengan persepakbolaan. Kedua terkait dengan beberapa hal yang merupakan informasi-informasi yang perlu diklarifikasi," ujar Sudjarno.

"Sudah kami jelaskan secara lengkap tadi bahwa kami hadir, silaturahmi. Kemudian, juga bagaimana saya menelepon (AKBP Ferli) kemudian terkait dengan apa," tambahnya.

Lebih lanjut, bahkan Sudjarno menyebut dirinya sempat bercanda dengan AKBP Ferli. Saat itu, Sudjarno menyerahkan sepenuhnya kepada AKBP Ferli, yang kini telah dimutasi ke Pamen SDM Polri.

"Bahkan saya bercanda sebetulnya dengan Pak Kapolres pada saat itu katakanlah, 'semua kami serahkan pada Kapolres'. Kemudian 'mudah-mudahan ada keputusan yang terbaik' itu intinya yang kami jelaskan," imbuhnya.

Sebelumnya, broadcaster yang menayangkan pertandingan Arema FC melawan Persebaya telah selesai diperiksa Komnas HAM terkait Tragedi Kanjuruhan pada Kamis (13/10). Pihak broadcaster tersebut mengaku dicecar soal jadwal pertandingan.

"Tadi kami sudah menemui Komnas HAM. Kami tadi ditanya atau di-explore mengenai jadwal pertandingan, kemudian yang kedua adalah tentang penalti," kata Direktur Programing Indosiar Harsiwi Achmad kepada wartawan di Komnas HAM, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (13/10).

Harsiwi mengatakan broadcaster hanya mengikuti jadwal final pertandingan yang dikeluarkan oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB). Dia menegaskan yang memiliki otoritas final penentu jadwal pertandingan adalah PT LIB.

"Tadi kami sudah menjelaskan mengenai jadwal penayangan. Bahwa jadwal pertandingan itu otoritas final itu ada di LIB, karena apa? Karena LIB adalah sebagai operator Liga 1. Satu-satunya operator liga 1 di Indonesia yang kemudian mereka akan mengkomunikasikan ke broadcaster, kemudian pasti akan terjadi diskusi dan kemudian akan ada solusi-solusinya," tuturnya.

"Nah, biasanya kami dalam diskusi tersebut akan memperhatikan berbagai aspek dan akhirnya nanti akan ada solusi-solusi yang didiskusikan bersama, dan ending-nya karena yang tahu lapangan adalah LIB, maka final otoritas ada di LIB, dan kemudian kami semua, termasuk broadcaster dan semua stakeholder, mengikuti jadwal final yang dikeluarkan oleh LIB," tambahnya.

(azh/azh)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT