Terima Pebalap Muda, Bamsoet Dorong Atlet Juara di Ajang Balap Dunia

ADVERTISEMENT

Terima Pebalap Muda, Bamsoet Dorong Atlet Juara di Ajang Balap Dunia

Arief Budiman - detikNews
Selasa, 18 Okt 2022 14:43 WIB
MPR RI
Foto: dok. MPR RI
Jakarta -

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima para pebalap muda Indonesia yang telah memberikan hasil membanggakan dalam final FIA Rally Star Asia Pacific 2022 di Madras International Circuit, India, Rabu (12/10). Farrel Haiqal Atlet yang sukses mencapai Top 5 dengan waktu terbaiknya 3:07, hanya beda 4 detik dari Taylor Gill (Australia) yang menjadi pemenang. Serta Bintang Barlean Atlet yang lolos ke stage 2 atau Top 25.

"FIA Rally Star Asia Pacific 2022 merupakan sebuah kejuaraan bergengsi kelas dunia untuk pembibitan pembalap muda usia 17 hingga 26 tahun. Ini adalah tahun pertama pembalap muda Indonesia bisa mengikuti ajang bergengsi tersebut. Selain Farrel Haiqal dan Bintang Barlean, pembalap muda lainnya juga turut memberikan hasil membanggakan," kata Bamsoet dalam keterangannya, Selasa (18/10/2022).

"Antara lain Canya Prasetyo yang juga lolos ke stage 2 atau Top 25. Serta Zharfan Rahmadi yang berhasil mengikuti sesi Sim Racing atau Simulator. Bahkan Canya Prasetyo sempat mencetak fastest diantara 6 peserta kelas wanita di Stage 1 seleksi hari pertama," lanjut Bamsoet.

Bamsoet menjelaskan Ikatan Motor Indonesia (IMI) juga sudah mengajukan kepada perwakilan Fédération Internationale de l'Automobile (FIA) yang hadir di India, agar event FIA Rally Star untuk 3 tahun mendatang bisa diselenggarakan di Indonesia. Mengingat Indonesia sudah memiliki infrastruktur yang sangat memadai. Bisa di Tanjung Lesung Banten, atau bahkan di Medan, Sumatera Utara.

"Dengan demikian bisa semakin menggeliatkan motor sport di kalangan generasi muda, serta memberikan multiplier effect economy yang besar bagi masyarakat di daerah yang dijadikan tuan rumah. Sekaligus meneguhkan posisi Indonesia sebagai rumah besar bagi berbagai kejuaraan balap otomotif dunia," jelas Bamsoet.

Bamsoet juga menuturkan dengan mengikuti FIA Rally Star Asia Pacific, para pebalap muda Indonesia bisa merasakan kompetisi yang sangat ketat. Karena dalam FIA Rally Star Asia Pacific 2022, mereka mampu mengeksplorasi bakat para pereli muda. Tidak hanya dari sisi speed, tetapi juga ketahanan fisik, sim racing hingga attitude.

"Dengan mengikuti kejuaraan ini, para pembalap muda Indonesia bisa semakin mengasah kemampuan balapnya. Baik dari sisi skill, mental, hingga karakter," tutup Bamsoet.

Sebagai informasi, dalam kegiatan tersebut, turut hadir antara lain, Sekretaris Umum IMI DKI Jakarta Dodi Irawan, IMI Mobility Adi Wibowo dan Wira Julianto, serta pelatih Yuniarti Ilyas.

Simak juga 'Bamsoet Minta Sistem Demokrasi RI Dievaluasi':

[Gambas:Video 20detik]



(prf/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT