Mendagri Tito Resmikan 3 DOB Papua Akhir Bulan Ini

ADVERTISEMENT

Mendagri Tito Resmikan 3 DOB Papua Akhir Bulan Ini

Karin Nur Secha - detikNews
Senin, 17 Okt 2022 16:18 WIB
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian (Karin NS/detikcom)
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian (Karin NS/detikcom)
Jakarta -

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menargetkan tiga daerah otonom baru (DOB) di Papua diresmikan pada akhir Oktober 2022. Tiga DOB ini terdiri atas Provinsi Papua Selatan, Papua Pegunungan, dan Papua Tengah.

"Kita tahu bahwa ada tiga DOB yang akan segera diresmikan mungkin akhir bulan ini paling lambat awal November dengan pelantikan pejabat gubernurnya," kata Tito di kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Senin (17/10/2022).

Peresmian tersebut nantinya akan ditandai dengan pelantikan tiga orang penjabat (Pj) gubernur yang sudah ditunjuk untuk memimpin tiga provinsi baru tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, Tito juga menyinggung Kabupaten Tolikara yang nantinya bakal bergabung ke dalam Provinsi Papua Pegunungan. Oleh karena itu, secara khusus dia meminta Pj Bupati Tolikara Marthen Kogoya bisa mendukung pembentukan provinsi baru tersebut.

"Yang sebentar lagi nggak lama lagi tiga minggu lagi mungkin segera kita resmikan (tiga DOB tersebut)," kata dia.

Dia juga meminta Marthen rajin blusukan terhadap warga dan tidak terlalu lama meninggalkan Tolikara. Tito berpesan agar menggunakan APBD untuk kepentingan rakyat.

"Kemudian jaga stabilitas keamanan di Tolikara. Saya paham daerah yang cukup rawan dan kemudian tolong rangkul semua pihak yang ada di Tolikara supaya tidak terjadi resistensi," ucapnya.

"Dan kemudian Bapak sudah pengalaman di sana asli harus jaga juga ibu kota, jadi betul-betul rangkul semua pihak dan terakhir tentunya Tolikara nanti akan jadi bagian dari Provinsi baru, yaitu Papua Pegunungan," sambungnya.

Sebagai informasi, pemerintah resmi melakukan pemekaran tiga DOB di Papua itu pada 30 Juni 2022. DOB tersebut merupakan usulan pemerintah yang diajukan ke DPR.

Simak juga 'Walkot Sorong: Perlu 20 Tahun RUU DOB Papua Disetujui':

[Gambas:Video 20detik]

(ain/mae)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT