Anies Tak Sangka Antusias Warga di Hari Terakhir Jabat Gubernur DKI

ADVERTISEMENT

Anies Tak Sangka Antusias Warga di Hari Terakhir Jabat Gubernur DKI

Dwi Rahmawati - detikNews
Minggu, 16 Okt 2022 17:12 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Patria menyapa warga usai pidato perpisahan di Balai Kota, Jakarta Pusat, Minggu (16/10/2022). Anies Baswedan dan Riza Patria pamitan usai purna tugas hari ini sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta.
Anies dan Riza berpamitan ke warga. (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Anies Baswedan mengaku tak menyangka dengan antusias masyarakat yang begitu tinggi di hari terakhir masa jabatan Gubernur DKI Jakarta. Masyarakat tak hanya membeludak di Bundaran HI, melainkan partisipasi mereka di Balai Kota.

Pantauan detikcom di Pendopo Anies Baswedan, Jakarta Selatan, sejumlah pendukung berbondong-bondong mengantarkan Anies ke kediamannya. Lantunan selawat 'Thola'al Badru' menyertai kedatangan Anies.

"Hari ini saya tidak mengira ibu-ibu sekalian, saya sudah sampai rumah, saya tidak mengira di Balai Kota sebanyak itu. Di Bundaran HI sampai begitu, jadwalnya harusnya jam 08.00 WIB sudah sampai, nggak bisa jalan. Terus sampai jam 10.00 WIB sampai Balai Kota, karena tidak bisa jalan," ungkap Anies di Pendoponya, kawasan Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan, Minggu (16/10/2022).

Anies mengatakan kehadiran masyarakat di hari terakhirnya sebagai Gubernur DKI Jakarta melampaui dugaan. Ia menilai hal tersebut lantaran ikhtiar yang dilakukan dengan hati.

"Betul-betul sampai ke Bundaran HI ke Balai Kota, sampai panjang sekali karena melampaui dugaan. Mudah-mudahan ini penanda bahwa ikhtiar kemarin dikerjakan dengan hati, sepenuh hati, dari hati. Karena itu diterimanya juga dengan hati," paparnya.

Kebersamaan hari ini, lanjut Anies, tak akan berhenti sampai di sini. Ia berharap solidaritas antarmasyarakat makin kuat untuk berjuang bersama di kemudian hari.

"Kebersamaan kita akan terus ke depan. Siap berjalan bersama? Siap berjuang bersama? Tadi saya ajak nyanyi 'Maju Tak Gentar' ujung lagunya apa? 'Majulah, majulah, menang!'. Tadi kita nyanyi di sana sama-sama, insyaallah kita akan maju bersama," tutur Anies.

Anies optimistis perjalanannya bisa diteruskan ke depan. Ia menyebutkan perubahan tak berhenti hanya di DKI Jakarta.

"Insyaallah itu kita teruskan ke depan, dan saya titip salam kepada keluarga, sampaikan kepada keluarga semua, sampaikan kepada tetangga, kepada semua yang bersama-sama bahwa perjuangan di Jakarta telah berhasil membawa perubahan, dan kita tidak berhenti di Jakarta," kata Anies.

"Kita akan berjalan terus ke depan, terima kasih yang mengantarkan sampai ke rumah, terima kasih yang mengantarkan sampai kediaman kami. Ini adalah sebuah penghargaan yang luar biasa, saya merasa sangat terhormat. Insyaallah keikhlasannya dibalas lipat ganda oleh Allah SWT dan insyaallah ini dimudahkan perjuangan ke depannya," pungkas Anies.

Simak Video 'Pidato Lengkap Perpisahan Anies Baswedan-Riza Patria':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/isa)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT