Urai Kemacetan, Kawasan Tenjo Bogor Bakal Dibangun Flyover

ADVERTISEMENT

Urai Kemacetan, Kawasan Tenjo Bogor Bakal Dibangun Flyover

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Sabtu, 15 Okt 2022 14:38 WIB
Uji coba fly over Jalan Laswi-Pelajar Pejuang Bandung dilakukan dua hari
Ilustrasi (Wisma Putra/detikJabar)
Jakarta -

Pemerintah bekerja sama dengan swasta akan membangun jalan layang atau flyover di kawasan Tenjo, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Jabar). Hal ini bertujuan untuk mengurai kemacetan di wilayah Tenjo.

"Ada dua upaya yang kita lakukan hari ini, yakni mempermudah konektivitas masyarakat khususnya di wilayah Tenjo dan sekitarnya. Juga bagaimana kita berupaya membangun konektivitas itu tidak menggunakan APBN," kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melalui keterangannya, Sabtu (15/10/2022).

Budi mengatakan, selain Jakarta, pemerintah harus memperhatikan kawasan pendukungnya, salah satunya Kabupaten Bogor. Selain mengurai kemacetan, Budi juga menilai pembangunan tersebut bisa meningkatkan mobilitas masyarakat menggunakan angkutan umum.

"Jabodetabek kami perhitungkan sebagai daerah pendukung, dan angkutan massal adalah salah satu angkutan yang menjadi keharusan. Angkutan massal akan mereduksi kemacetan, mereduksi ongkos perjalanan, dan mereduksi pencemaran lingkungan. Jadi satu kali perjalanan kita mendapatkan tiga manfaat," ujarnya.

Pembangunan flyover tersebut disambut baik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor. Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan juga mengungkapkan bahwa pembangunan flyover tersebut bisa menjadi solusi mengurai kemacetan di wilayah Tenjo.

"Kami sangat gembira dan sudah menanti-nanti pembangunan flyover Tenjo sebagai solusi mengurai kemacetan di perlintasan stasiun dan pembangunan Stasiun Ekstensi Tigaraksa Tenjo," ungkap Iwan.

Iwan juga berharap pembangunan flyover tersebut bisa meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya di wilayah Tenjo.

"Harapan kami, pembangunan flyover dan Stasiun Tigaraksa ini, selain mengurai kemacetan, akan memperlancar akses transportasi dan dukung pertumbuhan ekonomi khususnya di wilayah Tenjo," katanya.

"Semoga dengan bertumbuhnya pemukiman yang ditunjang dengan infrastruktur yang memadai, wilayah Tenjo yang berada di ujung barat Kabupaten Bogor ini akan semakin maju dan terus berkembang pesat," sambungnya.

(azh/azh)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT