Gojek Beri Beasiswa Kuliah Anak Mitra Driver dari Masuk Sampai Lulus!

ADVERTISEMENT

Gojek Beri Beasiswa Kuliah Anak Mitra Driver dari Masuk Sampai Lulus!

Yudistira Perdana Imandiar - detikNews
Jumat, 14 Okt 2022 14:56 WIB
Gojek beri beasiswa untuk anak mitra driver.
Foto: dok. Gojek
Jakarta -

Sejak tahun 2020, Gojek memberikan beasiswa kepada anak mitra driver yang berprestasi. Tahun ini, Gojek kembali memberikan beasiswa pendidikan D3 politeknik untuk anak mitra driver. Program Beasiswa Gojek tahun ini juga menandakan tahun ketiga berjalannya program tersebut yang menunjukkan konsistensi Gojek dalam membantu meningkatkan taraf hidup para mitra beserta keluarganya.

Total penerima beasiswa yang dibiayai kuliah gratis dari awal masuk hingga lulus telah mencapai 45 anak. Program Beasiswa Gojek pun saat ini memperluas jangkauan dengan hadir di 8 kota yakni Medan, Palembang, Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Malang, dan Makassar.

Gojek dalam pelaksanaanya juga turut bekerja sama dengan delapan politeknik negeri unggulan yang masuk ke dalam jajaran top politeknik nasional, antara lain Politeknik Negeri Medan, Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang, Politeknik Negeri Jakarta, Politeknik Negeri Bandung, Politeknik Negeri Semarang, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Politeknik Negeri Malang, dan Politeknik Negeri Ujung Pandang.

Tahun ini, terdapat 21 putra/putri mitra driver berhasil lolos seleksi ketat dari ribuan pendaftar sejak bulan Maret . Pertama seleksi performa, kejujuran, dan loyalitas mitra driver. Kedua, seleksi prestasi dan motivasi anak mitra driver, dan ketiga seleksi politeknik.

"Kami konsisten dengan tujuan dari beasiswa ini dengan bekerja sama dengan politeknik sebagai lembaga pendidikan yang bisa menyediakan ilmu pengetahuan yang berorientasi pada praktik kerja dan membuka kesempatan bagi lulusannya untuk segera terserap sebagai tenaga kerja yang tepat guna," ujar Head of Indonesia Regions Gojek, Gede Manggala, dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis (13/10/2022).

Pelatihan Non-Akademis

GojekFoto: dok. Gojek

Selain memberikan kesempatan bagi anak mitra driver menempuh pendidikan formal, Gojek juga membekali para penerima beasiswa dengan program pengembangan diri, berupa pelatihan dan diskusi terkait dengan keterampilan non-akademis (soft skill). Gede mengatakan keterampilan itu diyakini bisa membantu anak mitra menjadi talenta era digital yang bisa beradaptasi dengan dunia kerja masa depan.

Program pengembangan diri tersebut dibawakan secara sukarela oleh para karyawan di manajemen Gojek yang kompeten dalam bidangnya.

Bagian dari Program Gojek Swadaya

Gede menggarisbawahi Beasiswa Gojek adalah bagian dari program Gojek Swadaya yang bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup mitra driver dan keluarga. Dihadirkan sejak 2016, Gojek Swadaya secara konsisten memberikan ragam program eksklusif bagi mitra driver. Program ini bertujuan meringankan beban operasional mitra driver melalui pulsa murah, diskon perawatan kendaraan, subsidi belanja harian, dan paket makan murah.

Program Gojek Swadaya turut melindungi mitra driver melalui berbagai program asuransi tambahan menyeluruh untuk mitra dan keluarga, di antaranya perlindungan kecelakaan, kesehatan dan aset mitra (handphone, kendaraan, dan atribut). Hal tersebut di luar dari asuransi kecelakaan kerja yang gratis ditanggung Gojek bila mitra driver mengalami kecelakaan saat membawa penumpang.

Gojek Swadaya juga menyediakan akses bagi mitra driver untuk dapat merencanakan dan mengelola keuangan dengan baik melalui program tabungan, pinjaman, dan cicilan KPR terjangkau. Adapun Program Gojek Swadaya direalisasikan melalui dukungan banyak pihak, di antaranya melalui kerja sama dengan mitra-mitra perusahaan dan biaya jasa aplikasi yang dibayarkan oleh pelanggan Gojek.

Inisiatif Gojek memberikan fasilitas kepada mitra driver dan keluarganya untuk memperbaiki taraf hidup mitranya turut diapresiasi pemerintah. Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Hendro Sugiatno mengatakan program tersebut adalah bukti konkret dari usaha aplikator dalam memberikan peluang dan kesempatan bagi mitra driver dan keluarga untuk meningkatkan taraf hidupnya dan keluarga.

"Salah satu visi pemerintah adalah untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045 yakni mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) unggul berkualitas, khususnya di era kompetisi global. Saya mengapresiasi komitmen dan inisiatif Gojek dalam mengadakan program Beasiswa Mitra Gojek sejak tahun 2020 untuk anak dari mitra pengemudi Gojek," tutur Hendro.

"Saya percaya usaha konkret dari Gojek ini dapat bermanfaat bagi mitra driver Gojek dan keluarga. Saya berharap ke depannya Gojek terus konsisten menghadirkan program-program yang bermanfaat bagi mitra driver," ujarnya.

(prf/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT