Saling Tunjuk PT LIB-Indosiar soal Arema Vs Persebaya Digelar Malam

ADVERTISEMENT

Saling Tunjuk PT LIB-Indosiar soal Arema Vs Persebaya Digelar Malam

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Rabu, 12 Okt 2022 07:24 WIB
Arti Kode 1312 ACAB yang Muncul di Kanjuruhan Pasca Tragedi
Foto: (Foto: Deny Prastyo Utomo/detikJatim)
Jakarta -

Pertandingan Liga 1 antara Arema FC versus Persebaya di Stadion Kanjuruhan digelar malam hari. Saling tunjuk penyusunan jadwal pertandingan pun terjadi usai laga tersebut rusuh sampai menewaskan 132 orang.

Direktur Programing Indosiar Harsiwi Achmad menjelaskan penyusunan jadwal pertandingan Liga 1 sudah disusun oleh PT LIB (Liga Indonesia Baru). Dia mengatakan jadwal juga telah dikoordinasikan dengan Indosiar selaku stasiun TV, termasuk jadwal siaran laga Arema FC versus Persebaya berujung Tragedi Kanjuruhan.

"Tapi sekali lagi, tadi kami menjelaskan bahwa jadwal tayang itu sudah disusun dari awal oleh PT LIB dikoordinasikan dengan Indosiar," kata Harsiwi setelah memberikan keterangan kepada Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Tragedi Kanjuruhan di Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (11/10/2022).

Harsiwi mengatakan jadwal yang telah disusun itu dapat berubah sesuai kondisi lapangan. Dia menyebut Indosiar tetap harus mengikuti jadwal dari PT LIB.

"Kemudian dalam perjalanannya pasti terjadi dinamika dan ending-nya memang PT LIB yang menentukan jadwal tayang. Kemudian Indosiar harus mengikuti jadwal tayang tersebut," terang dia.

Harsiwi mengatakan Indosiar sepenuhnya mengikuti keputusan jadwal tayang Liga 1 saat Arema FC melawan Persebaya sesuai dengan PT LIB. Sebab, PT LIB merupakan operator.

"Kemudian dalam perjalanannya pasti terjadi dinamika dan ending-nya memang PT LIB yang menentukan jadwal tayang. Kemudian Indosiar harus mengikuti jadwal tayang tersebut," terang dia.

"Kami semua mengikuti apa yang sudah ditentukan PT LIB, karena PT LIB adalah operator yang menjalankan, yang tau lapangan seperti apa, mengkoordinir semua stakeholder, termasuk kami sehingga kami harus mengikuti apa yang diputuskan PT LIB," jelas dia.

Dia menjelaskan, pihaknya sempat mendapat kabar soal rencana dimajukannya jam pertandingan Arema FC melawan Persebaya pada Selasa (13/9). Kendati demikian, Harsiwi mengaku PT LIB mengkonfirmasi bahwa pertandingan tetap dilaksanakan sesuai dengan jadwal.

"Jadi surat itu ditujukan kepada PT LIB dan kemudian PT LIB mengatakan bahwa mereka akan berkoordinasi kembali dengan pihak perizinan," kata Harsiwi.

"Akhirnya kita mendapat konfirmasi kembali pada tanggal 27 September 2022 bahwa jadwal yang semula yaitu jam 20.00 WIB diizinkan oleh kepolisian," sambungnya.

PT LIB Sebut Pertandingan Malam Permintaan Indosiar

Berbandig terbalik dengan Indosiar, PT LIB mengaku jam tayang laga Arema FC Vs Persebaya yang berujung Tragedi Kanjuruhan merupakan permintaan Indosiar selaku broadcaster atau stasiun TV yang menyiarkan pertandingan tersebut. Anggota Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Rhenald Kasali mengatakan PT LIB mengaku harus memenuhi permintaan tersebut.

"PT LIB mengatakan broadcaster mintanya begitu, harus dipenuhi. Menurut PT LIB," kata Rhenald kepada wartawan, di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Rabu (12/10/2022).

Rhenald mengungkapkan ada kontrak yang bernilai cukup besar antara PT LIB dengan Indosiar. Pertandingan ini diketahui tetap digelar pada malam hari sesuai instruksi dari Indosiar selaku broadcaster.

"Mereka mengatakan (pertandingan tetap digelar malam), karena broadcaster minta tetap main," ungkap dia.

Dia juga menyebutkan bahwa PT LIB terlalu sering mengubah jadwal pertandingan sehingga laga Arema FC versus Persebaya kala itu tak dapat diubah jadwalnya. "Saya sempat tanyakan, PT LIB mengatakan kita (LIB) sudah terlalu sering ubah jadwal (pertandingan)," kata Rhenald.

Simak juga Video: Saling Lempar PT LIB dan Indosiar soal Jadwal Tayang Arema Vs Persebaya

[Gambas:Video 20detik]



(dek/tor)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT