MIND ID & PPAD Kolaborasi Genjot Budi Daya Bibit Sukun di Maluku

ADVERTISEMENT

MIND ID & PPAD Kolaborasi Genjot Budi Daya Bibit Sukun di Maluku

Inkana Izatifiqa R Putri - detikNews
Selasa, 11 Okt 2022 17:16 WIB
CSR MIND ID di Maluku
Foto: MIND ID
Jakarta -

Direktur Utama MIND ID Hendi Prio Santoso bersama perwakilan Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat (PPAD), Kodam XVI/Pattimura, Universitas Pattimura dan Yayasan Andarinyo Go Earth (AGE) berkolaborasi dalam program budidaya bibit sukun di Kota Ambon, Maluku.

Dalam program ini, MIND ID dan PPAD akan membagikan satu juta bibit sukun premium dan berkualitas ke masyarakat. Hendi menyampaikan bibit sukun yang akan dikembangkan adalah pohon-pohon induk yang berasal dari Desa Tengah-Tengah dan Desa Tulehu Kecamatan Salahutu, Maluku Tengah dan Desa Latuhalat, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon.

Adapun pembibitan ini akan dikelola oleh petani lokal di bawah pengawasan dari tim Kehutanan Universitas Pattimura. Dalam proses pendistribusian, bibit yang akan dibagikan merupakan bibit yang baru keluar daun kecil dan akan dimasukkan ke dalam polybag dan media tanam sehingga praktis dan memudahkan proses distribusi.

"Kami sangat terkesan dengan bibit sukun yang berkualitas sangat luar biasa dari Ambon ini, bibit sukun ini selain untuk program ketahanan pangan dan diversifikasi pangan juga bisa dipakai untuk konservasi alam," ujar Hendi dalam keterangan tertulis, Selasa (11/10/2022).

Lebih lanjut, Hendi kunjungan program budidaya bibit sukun ini menjadi upaya MIND ID bersama PT Antam Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero), PT Timah Tbk dalam memberi kontribusi positif bagi masyarakat sekitar. Program yang diinisiasi oleh Komisaris Utama MIND ID, Doni Monardo ini juga telah disampaikan beberapa pekan lalu saat HUT PPAD ke-19 yang diselenggarakan di Sentul.

Adapun program ini bertujuan untuk mendukung Pemerintah dalam menyiapkan program ketahanan pangan dan program diversifikasi pangan, sekaligus sebagai upaya mitigasi bencana berbasis vegetasi. Program ini juga menjadi perwujudan MIND ID dalam mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) pada poin 8 dan 15, yakni pertumbuhan ekonomi dan menjaga ekosistem.

"Semangat Budidaya Bibit Sukun ini selaras dengan Sustainable Pathway MIND ID. Semoga apa yang kami kerjakan hari ini mampu memberi kemakmuran, kesejahteraan dan masa depan yang lebih cerah," kata Hendi.

Hendi berharap satu juta bibit dapat tuntas tahun depan, atau sekitar Juli 2023 sehingga dapat didistribusikan ke seluruh Indonesia.

"Mohon dukungan semua kalangan untuk kita bisa menyukseskan program ini, bagi ketahanan pangan kita, bagi kesejahteraan masyarakat dan juga terutama untuk lingkungan," pungkasnya.

(ncm/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT