Banjir di 5 Kecamatan Lebak: 210 Rumah Terdampak, 4 Jembatan Rusak

ADVERTISEMENT

Banjir di 5 Kecamatan Lebak: 210 Rumah Terdampak, 4 Jembatan Rusak

Fathul Rizkoh - detikNews
Senin, 10 Okt 2022 10:59 WIB
Banjir di Lebak, Banten, sudah surut. (dok. Istimewa)
Banjir di Lebak, Banten, sudah surut. (dok. Istimewa)
Lebak -

Sebanyak 210 rumah di Kabupaten Lebak, Banten, terdampak banjir yang terjadi kemarin sore. Banjir diakibatkan luapan enam sungai di lima kecamatan.

"Telah terjadi hujan deras yang terjadi di wilayah selatan Kabupaten Lebak selama kurang lebih 4 jam menyebabkan meluapnya air Sungai Cibareno, Sungai Cisiih, Sungai Cimandur, Sungai Cicantra, Sungai Peucang Pari, dan Sungai Cibadak di 5 kecamatan," sebut BPBD dalam keterangan tertulis yang dilihat, Senin (10/10/2022).

Data ini diambil di-update Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) per pukul 06.00 WIB. Total ada 14 desa di 5 kecamatan terdampak seperti Bayah, Cibeber, Panggarangan, Cilograng, dan Cigemblong. BPBD juga mencatat adanya kerusakan pada infrastruktur.

"Dua jembatan gantung, dua jembatan penghubung desa, empat majelis taklim, satu masjid, dan satu musala. Dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa," tambahnya.

BPBD menyebut kondisi terkini di lapangan banjir di 5 kecamatan sudah surut. Masyarakat sudah mulai beraktivitas kembali dan membersihkan sisa banjir.

"Kondisi terkini di lapangan, sungai penyebab banjir sudah mulai surut, banjir di pemukiman sudah surut. Masyarakat dibantu petugas melakukan pembersihan," tutupnya.

Sebelumnya, sebanyak empat kecamatan di Lebak, Banten, terdampak banjir usai wilayah tersebut diguyur hujan deras. Banjir disebabkan karena meluapnya air sungai.

"Data sementara, ada 4 kecamatan di 8 desa yang terdampak banjir," kata Kepala BPBD Lebak Febby Rizky Pratama melalui sambungan telepon, Minggu (9/10/2022).

Lihat juga video 'Suasana Terkini Banjir di Kebon Pala Jaktim':

[Gambas:Video 20detik]



(idn/idn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT