Legislator Firman Subagyo Minta Pemerintah Jamin Keamanan Dana Haji

ADVERTISEMENT

Legislator Firman Subagyo Minta Pemerintah Jamin Keamanan Dana Haji

Inkana Putri - detikNews
Sabtu, 08 Okt 2022 15:00 WIB
Anggota Baleg DPR Firman Soebagyo.
Foto: Samsudhuha Wildansyah/detikcom.
Jakarta -

Persoalan penelantaran dan deportasi jemaah haji hingga saat ini masih menjadi polemik bagi Indonesia. Belum lama ini, 46 WNI calon jemaah haji Furoda dideportasi Pemerintah Arab Saudi karena visanya tak resmi.

Perusahaan yang memberangkatkan 46 calon jemaah haji tersebut, yakni PT Alfatih Indonesia disebut tidak terdaftar sebagai Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) dan Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU), serta alamat kantor di Lembang, Bandung Barat dinyatakan palsu.

Menyoroti hal ini, Anggota DPR dari Fraksi Partai Golkar, Firman Subagyo meminta pemerintah untuk membuat kebijakan yang dapat melindungi para jemaah haji. Hal ini termasuk menjamin keamanan dana haji.

"Oleh karena itu, di dalam rancangan undang-undang ini, saya ingin dimasukkan satu norma bahwa uang rakyat untuk biaya jemaah haji itu harus dilindungi," ujarnya dalam keterangan yang diterima detikcom, Sabtu (8/10/2022).

Lebih lanjut, Wakil Ketua Komisi IV DPR ini menyampaikan perlindungan tersebut dapat berupa pengembalian dana haji kepada para jemaah jika mereka gagal melaksanakan haji.

"Harus ada (perjanjian) antara jemaah haji dengan penyelenggara sehingga ketika nanti suatu saat gagal maka uangnya kembali kepada pemiliknya, bukan kepada negara, ini keuangan negara," katanya.

"Jangan uang yang dipungut rakyat dikumpulnya, diserahkan kepada negara. Ini, rakyat ini, rakyat kecil, rakyat miskin. Nah, ini yang harus dilindungi. Di mana rasa keadilannya, sedangkan yang jemaah haji ini cita-citanya hanya surga, surga, dan surga. Nah, mungkin ini yang perlu dirumuskan," pungkasnya.

[Gambas:Youtube]




(fhs/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT