Nadiem Tinjau Lokasi Tembok Roboh di MTsN 19 Jakarta Selatan

ADVERTISEMENT

Nadiem Tinjau Lokasi Tembok Roboh di MTsN 19 Jakarta Selatan

Adrial Akbar - detikNews
Jumat, 07 Okt 2022 14:17 WIB
Menteri Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim.
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim (Adrial Akbar/detikcom)
Jakarta -

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim meninjau lokasi tembok roboh di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 19 di Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan. Nadiem melihat kondisi terkini sekolah setelah tembok roboh menewaskan tiga siswa.

Pantauan detikcom di lokasi, Jumat (7/10/2022), Nadiem datang pukul 13.23 WIB. Kedatangan Nadiem disambut Kepala MTsN 19 Jaksel, Chawa.

Nadiem juga terlihat sempat berbincang dengan Chawa di sekitar lokasi kejadian tembok roboh. Setelah itu, Nadiem memberikan bantuan secara simbolis kepada pihak sekolah.

Setelah melakukan tinjauan, Nadiem meninggalkan lokasi pada pukul 13.34 WIB. Dia langsung meninggalkan lokasi dan tidak memberikan keterangan kepada awak media.

Sebelumnya, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas serta Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy juga datang melakukan tinjauan. Mereka melihat langsung kondisi sekolah setelah tembok roboh.

Yaqut telah memerintahkan jajarannya menginvestigasi bangunan sekolah lain di bawah naungan Kemenag. Investigasi dilakukan untuk mencegah tragedi tembok roboh di MTsN 19, Pondok Labu, Jaksel, terulang.

"Tadi malam sudah perintahkan ke seluruh jajaran untuk melakukan investigasi terhadap bangunan-bangunan (sekolah) yang ada di (bawah) Kemenag," ujar Yaqut kepada wartawan setelah melakukan tinjauan di MTsN 19 Jaksel.

Sementara itu, Muhadjir mengatakan pemerintah akan memperbaiki fasilitas MTsN 19 setelah dilanda banjir. Pihaknya akan berkoordinasi dengan Kementerian PUPR dan Pemprov DKI Jakarta untuk melakukan perbaikan.

"Kita sudah minta dari Kementerian PUPR untuk datang, untuk cek langsung dan kita tata (perbaiki) lebih menyeluruh ini," kata Muhadjir kepada wartawan di MTsN 19 Pondok Labu, Jumat (7/10/2022).

Muhadjir menyebut perbaikan sekolah tersebut diupayakan tidak akan mengganggu aktivitas belajar siswa. Muhadjir juga mengatakan akan berkoordinasi dengan Pemprov DKI Jakarta dan Kemenag untuk melakukan perbaikan sekolah.

"Akan saya koordinasikan dengan Pak Dirjen, bersama pemerintah DKI, yang ada tanah pemerintah DKI yang di sebelah ini mungkin bisa kita nego untuk bisa digunakan agar lahan yang sempit ini bisa diperluas," kata dia.

Lihat video 'Hujan Pembawa Petaka di MTsN19 Jakarta, Tembok Runtuh Timpa Siswa':

[Gambas:Video 20detik]



(idn/idn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT