Kapolri: Pelanggar Etik dan Tersangka Tragedi Kanjuruhan Bisa Bertambah

ADVERTISEMENT

Kapolri: Pelanggar Etik dan Tersangka Tragedi Kanjuruhan Bisa Bertambah

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 06 Okt 2022 20:41 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberikan keterangan pers terkait kasus penembakan Brigadir J. Kapolri menyatakan Istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi resmi ditahan.
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Grandyos Zafna/detikcom)
Malang -

Polri menetapkan 20 anggota sebagai pelanggar etik dan 6 tersangka dalam Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 131 orang. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan pelaku masih bertambah.

"Tentunya tim akan terus bekerja maksimal, seperti yang saya sampaikan bahwa kemungkinan penambahan-penambahan pelaku apakah pelaku pelanggar etik maupun pelaku yang akan kita tetapkan karena pelanggaran pidana kemungkinan masih bisa bertambah," kata Sigit dalam konferensi pers di Mapolresta Malang, Jawa Timur, Kami (6/10/2022).

Sigit menegaskan tim penyidik terus menyelidiki dan menyidik kasus ini. Polri serius menangani kasus ini.

"Tim terus bekerja. Dan kami tentunya akan betul-betul menyelesaikan kasus yang saat ini kita proses," tuturnya.

Sementara itu, terkait penanganan kasus pidana, polisi juga berkoordinasi dengan kejaksaan.

"Khususnya pidana, kami akan segera berkoordinasi dengan Kejaksaan Agung dan Kejaksaan yang ada di wilayah Jawa Timur untuk prosesnya bisa berjalan dengan simultan," tuturnya.

Sebelumnya, Polri telah menetapkan 20 orang terduga pelanggar yang mengakibatkan terjadinya tragedi di Stadion Kanjuruhan. Ke-20 polisi itu terdiri dari pejabat utama hingga atasan pemberi perintah penembakan gas air mata.

"Terkait dengan pemeriksaan internal, kita telah memeriksa 31 orang personel. Ditemukan bukti yang cukup terhadap 20 orang terduga pelanggar," kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam konferensi pers di Malang, Jawa Timur, Kamis (6/10/2022) malam.

Sementara itu, untuk kasus pidana, ada 6 orang yang ditetapkan jadi tersangka. Salah satunya Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita.

"Berdasarkan gelar dan alat bukti permulaan yang cukup, maka ditetapkan saat ini 6 tersangka," kata Kapolri dalam jumpa pers, Kamis (6/10/2022).

Simak video 'Begini Arahan Eks Kapolres Malang Sebelum Tragedi Kanjuruhan':

[Gambas:Video 20detik]



(idh/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT