Di P20, Jokowi Dorong Multilateralisme Atasi Krisis Global

ADVERTISEMENT

Di P20, Jokowi Dorong Multilateralisme Atasi Krisis Global

Nahda Rizki Utami - detikNews
Kamis, 06 Okt 2022 17:17 WIB
Presiden Jokowi di Nusa Dua Bali
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) ketika membuka World Conference on Creative Economy (WCCE) di Nusa Dua Bali, Kamis (6/10/2022). (Ni Made Lastri Karsiani Putri/detikBali)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi pesan kepada delegasi parlemen negara G20 untuk mengatasi masalah dalam memulihkan perekonomian dunia dan mengatasi krisis global. Jokowi meminta semua pihak menurunkan egonya.

"Dalam mengatasi masalah-masalah bersama, kita harus bekerja bersama-sama, kita harus menurunkan ego kita masing-masing, kita harus berupaya keras mengatasi perbedaan-perbedaan memperbanyak dan memperkuat titik temu untuk mendorong pemulihan ekonomi dunia serta mengatasi krisis lebih efektif," kata Jokowi dalam forum P20 yang digelar di gedung MPR/DPR RI, Jakarta, Kamis (6/10/2022).

Jokowi menjelaskan multilateralisme merupakan jalan yang paling efektif untuk menghadapi tantangan bersama. Menurutnya, tidak ada satu masalah pun yang bisa diselesaikan sendiri oleh satu negara atau beberapa negara.

Jokowi mengajak delegasi parlemen untuk dapat berperan membawa misi perdamaian, membangun dialog hingga membangun perundingan.

"Multilateralisme merupakan jalan yang paling efektif untuk mengatasi tantangan bersama. Tidak ada satu masalah pun yang bisa diselesaikan sendiri oleh suatu negara atau beberapa negara kita harus mau duduk bersama berbicara dan membangun jembatan dialog sehingga menemukan jalan keluar dari berbagai persoalan yang kita hadapi," jelasnya.

Lebih lanjut, Jokowi melihat forum P20 merupakan representasi suara masyarakat yang dipercaya menghadapi tantangan dunia. Jokowi berharap forum ini dapat membangun kerja sama dan membangun perdamaian dunia.

"Parlemen G20 adalah representasi suara rakyat rakyat global yang dipilih dan dipercaya rakyat yang menjadi dan menyuarakan suara rakyat dan sekaligus mengajak rakyat bekerja bersama dalam menghadapi tantangan yang sangat berat ini," ujar Jokowi.

"Karena itu, saya berharap forum ini merupakan ajang yang tepat untuk membangun kebersamaan dengan rakyat, membangun kebersamaan lintas negara, membangun perdamaian dunia, serta bekerja bersama memecahkan masalah-masalah kemanusiaan dan membangun dunia yang lebih makmur berkeadilan," sambungnya.

(rdp/rdp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT