Wagub DKI: Saya Bersyukur dan Beruntung Bisa Bantu Anies

ADVERTISEMENT

Wagub DKI: Saya Bersyukur dan Beruntung Bisa Bantu Anies

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Kamis, 06 Okt 2022 01:40 WIB
DPRD DKI Jakarta menggelar rapat paripurna pengumuman pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Selasa (13/9/2022). Rapat ini dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.
Anies Baswedan dan Ahmad Riza Patria. (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria bersyukur bisa membantu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan selama 2,5 tahun terakhir. Riza mengaku mendapatkan pengalaman luar biasa selama mendampingi Anies Baswedan memimpin Kota Jakarta.

Hal itu diutarakan Riza saat menghadiri acara Malam Apresiasi kepada Petugas Lapangan dan Pekerja Teknis di lingkungan Pemprov DKI yang digelar di Ancol, Jakarta Utara pada Rabu (5/10/2022) malam.

"Saya bersyukur dan beruntung bisa membantu Pak Anies," kata Riza yang dilihat melalui Instagram pribadinya seperti dilihat, Kamis (6/10/2022).

Riza Patria sendiri menjabat sebagai Wagub DKI sejak 15 April 2020 silam. Dalam kurun waktu tersebut, Riza melihat Kota Jakarta yang terus bergerak menjadi kota global.

Politikus Gerindra itu lantas memuji gaya kepemimpinan Anies Baswedan. Dia pun merasa beruntung bisa menjadi bagian dari Pemprov DKI Jakarta.

"Karena saya mendapatkan pengetahuan luar biasa, kepemimpinan Pak Gub yang luar biasa, kemudian perasaan yang luar biasa. Berdiskusi kerja sama dengan satu tim, bersinergi, berkolaborasi dan di bawah kepemimpinan Pak Gubernur, bapak-ibu semua kita menyaksikan Kota Jakarta menjadi kota global," ucapnya.

"Tak hanya bersih, tapi juga nyaman, menarik, keren dan luar biasa. Kita bersyukur berada di periode ini, di periode kepemimpinan Pak Gubernur Anies," tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Riza turut mengapresiasi kinerja seluruh petugas lapangan hingga pekerja teknis di lingkungan Pemprov DKI. Berkat kerja keras mereka, kata dia, Kota Jakarta terus menjadi nyaman dan terjaga dengan baik.

"Saya ingin mengajak semua, pasukan pelangi yang hadir maupun tidak hadir, mari kita terus menjaga, kita terus jaga Kota Jakarta yang membanggakan, kita rawat kota Jakarta yang indah ini, kita terus bersinergi buat berkolaborasi. memastikan semuanya terjaga dengan baik. Karena kehadiran pasukan pelangi petugas lapangan Kota Jakarta menjadi kebanggaan kita semua," ucapnya.

Sebagaimana diketahui, jabatan Anies Baswedan dan Ahmad Riza Patria bakal berakhir pada 16 Oktober 2022. Penjadwalan paripurna ini merupakan amanat yang diberikan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) kepada seluruh jajaran DPRD di tingkat provinsi, kabupaten, dan kota yang memiliki kepala daerah dan wakil kepala daerah yang masa jabatannya berakhir pada tahun ini.

Pengumuman pemberhentian kepala daerah di DPRD Provinsi termaktub dalam UU 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Soal pemberhentian kepala daerah tertulis di Pasal 78 dan 79. Pada Pasal 78 ayat 2 berbunyi kepala daerah diberhentikan sebagaimana Pasal 78 ayat 1 salah satunya karena berakhir masa jabatan. Sedangkan pada Pasal 79 dijelaskan pengumuman pemberhentian gubernur diumumkan oleh pimpinan DPRD provinsi.

Lihat juga Video: Gelagat Zulhas Saat Ditanya Kans PAN Usung Anies jadi Capres

[Gambas:Video 20detik]




(taa/rfs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT