ADVERTISEMENT

Puan Bicara Pentingnya Mitigasi Perubahan Iklim di Forum P20

Nahda Utami - detikNews
Rabu, 05 Okt 2022 18:28 WIB
Puan Maharani (Tangkapan layar YouTube DPR)
Puan Maharani (Tangkapan Layar YouTube DPR)
Jakarta -

Ketua DPR RI Puan Maharani berbicara soal perubahan iklim dalam 'Parliamentary Forum in The Context of The G20 Parliamentary Speakers Summit'. Puan menilai mitigasi terhadap perubahan iklim merupakan hal penting yang harus disiapkan.

"Pembahasan hari ini juga memberikan perhatian pada respons kita terhadap permasalahan perubahan iklim. Dampak perubahan iklim telah dirasakan semakin mengemuka," kata Puan dalam forum P20 yang digelar di gedung DPR/MPR, Jakarta, Rabu (5/10/2022).

"Cuaca ekstrem, kekeringan, banjir, bencana alam terus terjadi silih berganti dan semakin sering terjadi. Pemanasan global telah mencapai 1,1 derajat Celsius," sambungnya.

Puan menilai setiap negara perlu mempersiapkan mitigasi perubahan iklim. Puan mengatakan salah satu yang bisa dilakukan ialah membangun komitmen menjaga lingkungan hidup.

"Dunia perlu membangun mitigasi perubahan iklim yang berpusat pada manusia. Mitigasi yang berpusat pada manusia, dimulai dari membangun kesadaran dan komitmen untuk menjaga kelestarian dan daya dukung alam dan lingkungan hidup," jelas Puan.

Puan mengatakan DPR telah menjadi tuan rumah sidang Inter-Parliamentary Union (IPU) ke-144 pada Maret lalu. Puan menjelaskan parlemen di seluruh dunia telah menyepakati berbagai langkah untuk mengatasi perubahan iklim.

"Pada bulan Maret tahun 2022 ini, DPR RI menjadi tuan rumah sidang Inter-Parliamentary Union ke-144 di Bali dengan mengusung tema 'Getting to Zero: Mobilizing Parliaments to Act on Climate Change'," ujar Puan.

"Yang bersama berhasil disepakati deklarasi guna mengarahkan parlemen di seluruh dunia dalam akselerasi berbagai langkah mitigasi dan adaptasi dampak perubahan iklim," tambahnya.

DPR, menurut Puan, juga telah mengambil langkah mendukung mitigasi perubahan iklim. Salah satunya memperkuat pembangunan berkelanjutan.

"DPR RI juga telah mengambil langkah nyata untuk mendukung mitigasi dan adaptasi perubahan iklim dengan memperkuat pembangunan berkelanjutan dan ekonomi hijau," ucapnya.

"Langkah nyata tersebut diwujudkan dengan mengusulkan RUU Energi Baru dan Terbarukan sebagai usul inisiatif DPR RI serta akan mulai menggunakan solar sel untuk memenuhi 25% kebutuhan listrik di gedung DPR RI," sambung Puan.

Dia berharap pertemuan P20 bisa menyepakati komitmen nyata terhadap mitigasi perubahan iklim.

"Pada pertemuan P20 yang sangat strategis ini, kita dapat mengambil komitmen dan langkah-langkah nyata dalam mitigasi dan adaptasi dampak perubahan iklim," ucapnya.

Lihat juga vieo 'Anies Jadi Capres NasDem, Puan: Setiap Parpol Punya Mekanismenya':

[Gambas:Video 20detik]



(nhd/haf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT