Hari Kesehatan Mental Sedunia 2022: Tema dan Sejarah Peringatannya

ADVERTISEMENT

Hari Kesehatan Mental Sedunia 2022: Tema dan Sejarah Peringatannya

Kanya Anindita Mutiarasari - detikNews
Rabu, 05 Okt 2022 14:54 WIB
Hari Kesehatan Mental Sedunia 2022 atau World Mental Health Day 2022 jatuh pada tanggal 10 Oktober mendatang. Berikut serba-serbi peringatannya.
Hari Kesehatan Mental Sedunia 2022 (Foto: Mindra Purnomo/Infografis detikcom)
Jakarta -

Hari Kesehatan Mental Sedunia 2022 atau World Mental Health Day 2022 jatuh pada tanggal 10 Oktober mendatang. Peringatan internasional itu untuk memperingati pendidikan kesehatan mental demi kondisi jiwa yang baik bagi seluruh manusia.

Lantas, bagaimana awal mula peringatan Hari Kesehatan Mental Sedunia? Berikut serba-serbi Hari Kesehatan Mental Sedunia 2022.

Tema Hari Kesehatan Mental Sedunia 2022

Dilansir situs World Health Organization (WHO), tema Hari Kesehatan Mental Sedunia 2022 adalah 'Make Mental Health for All a Global Priority'. Maksud dari tema tersebut adalah menjadikan kesehatan mental untuk semua sebagai prioritas global atau mendunia.

Tema ini memberikan kesempatan bagi orang-orang yang mengalami kondisi kesehatan mental untuk bersama-sama mengakui kemajuan di bidang ini, serta menyuarakan apa yang perlu dilakukan untuk memastikan kesehatan dan kesejahteraan mental.

Stigma dan diskriminasi terus menjadi penghalang bagi penderita kesehatan mental untuk mendapat perawatan yang tepat. Oleh karena itu, Hari Kesehatan Mental Sedunia 2022 diharapkan mampu dijadikan sebagai kampanye di mana setiap orang berhak mengakses perawatan kesehatan mental yang mereka butuhkan dan menjalani kehidupan yang lebih baik.

Logo Hari Kesehatan Mental Sedunia 2022 atau World Mental Health Day 2022 tanggal 10 Oktober.Logo Hari Kesehatan Mental Sedunia 2022 atau World Mental Health Day 2022 tanggal 10 Oktober. (Foto: World Federation For Mental Health)

Sejarah Hari Kesehatan Mental Sedunia

Mengutip dari laman National Today, Hari Kesehatan Mental Sedunia dimulai pada tahun 1992. Namun, perayaannya baru dimulai pada tahun 1994. Hari besar tersebut dicetuskan melalui Federasi Kesehatan Mental Dunia (World Federation for Mental Health) yang dipimpin oleh wakil sekretaris jenderal saat itu, Richard Hunter.

Tujuan utama organisasi tersebut adalah untuk mengedukasi kesehatan mental secara keseluruhan. Selama tiga tahun pertama sampai tahun 1995, ada siaran televisi di seluruh dunia yang menyampaikan pesan kepada masyarakat soal kesehatan mental.

Tema Hari Kesehatan Jiwa Sedunia yang pertama di tahun 1994 adalah 'Meningkatkan Kualitas Layanan Kesehatan Mental di Seluruh Dunia'. Mulai tahun 1995 dan seterusnya, Pan American Health Organization (PAHO) menerjemahkan kampanye Hari Kesehatan Mental Sedunia ke dalam bahasa Spanyol, Prancis, Rusia, Hindi, Jepang, Cina, dan Arab.

Selain itu, Tema Hari Kesehatan Mental Sedunia terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Tema Kesehatan Mental sering kali mengangkat isu sosial terkait wanita, anak-anak, kesehatan, pekerjaan, trauma, hingga bunuh diri.

Daftar Hari Besar Bulan Oktober 2022

Dilansir situs Perpusnas, ada sederet tanggal penting di bulan Oktober untuk memperingati hari besar nasional dan internasional. Tanggal-tanggal tersebut, di antaranya:

  • Tanggal 01 Oktober: Hari Kesaktian Pancasila, Hari Vegetarian Sedunia, Hari Lanjut Usia Internasional
  • Tanggal 02 Oktober: Hari Tanpa Kekerasan Internasional, Hari Hewan Ternak Sedunia, Hari Batik Nasional dan Hari Batik Dunia
  • Tanggal 04 Oktober: Hari Hewan Sedunia
  • Tanggal 05 Oktober: Hari Tentara Nasional Indonesia (TNI), Hari Guru Sedunia
  • Tanggal 08 Oktober: Hari Tata Ruang Nasional, Hari Maulid Nabi Muhammad SAW
  • Tanggal 09 Oktober: Hari Surat Menyurat Internasional, Hari Pos Dunia
  • Tanggal 10 Oktober: Hari Kesehatan Mental Sedunia 2022, Hari Internasional Menentang Hukuman Mati
  • Tanggal 14 Oktober: Hari Penglihatan Dunia
  • Tanggal 15 Oktober: Hari Hak Asasi Binatang, Hari Wanita Pedesaan Sedunia, Hari Mencuci Tangan Dengan Sabun Sedunia
  • Tanggal 16 Oktober: Hari Pangan Sedunia
  • Tanggal 17 Oktober: Hari Pengentasan Kemiskinan Internasional
  • Tanggal 18 Oktober: Hari Perpustakaan Sekolah Internasional
  • Tanggal 20 Oktober: Hari Ulang Tahun Golongan Karya, Hari Osteoporosis Sedunia
  • Tanggal 24 Oktober: Hari Dokter Indonesia, Hari Ulang Tahun Perserikatan Bangsa-bangsa
  • Tanggal 27 Oktober: Hari Penerbangan Nasional, Hari Listrik Nasional
  • Tanggal 28 Oktober: Hari Sumpah Pemuda
  • Tanggal 30 Oktober: Hari Keuangan

Simak juga 'Wanti-wanti Spesialis Kejiwaan soal Gangguan Mental':

[Gambas:Video 20detik]



(kny/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT