Banjir Kemang Raya Surut, Petugas Dikerahkan Singkirkan Sampah-Lumpur

ADVERTISEMENT

Banjir Kemang Raya Surut, Petugas Dikerahkan Singkirkan Sampah-Lumpur

Mulia Budi - detikNews
Rabu, 05 Okt 2022 09:31 WIB
Petugas bersihkan sisa banjir di Kemang Raya, Jakarta Selatan
Petugas membereskan sampah sisa banjir di Kemang Raya, Jakarta Selatan (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Banjir yang sempat melanda sejumlah titik di kawasan Kemang, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan (Jaksel), telah surut. Camat Mampang Prapatan Ujang Hermawan mengatakan Jalan Kemang Raya sudah bisa dilalui sejak pukul 03.00 WIB dini hari tadi.

"Jadi Jalan Kemang Raya itu udah bisa dilalui jam 03.00 WIB," kata Ujang Hermawan saat dihubungi, Rabu (5/10/2022).

Dia mengatakan pihaknya mengerahkan seluruh petugas kebersihan untuk membereskan sisa-sisa sampah dan lumpur yang terbawa banjir semalam. Hal itu untuk memudahkan akses para pengguna jalan.

"Sekarang ini pagi ini saya mau kumpulkan instansi terkait, kerja bakti bersama, terutama pemadam kebakaran untuk pembersihan Jalan Kemang Raya," ujarnya.

Dia mengatakan banjir yang sempat melanda Jalan Pondok Karya, Mampang Prapatan, Jaksel, juga sudah surut. Dia menyebut banjir di kawasan itu surut pada pukul 03.00 WIB tadi.

"Terus juga untuk di Jalan Pondok Karya sudah surut juga. Mulai berangsur-angsur ya dari jam 3 sekarang ya sudah kering," ucapnya.

Ujang menyebut banjir yang melanda sejumlah titik di kawasan Mampang Prapatan dikarenakan tingginya curah hujan. Selain itu, menurutnya, hal itu diperparah oleh curah hujan yang tinggi di Bogor dan Depok.

"Jadi untuk curah hujan yang kemarin cukup tinggi ya, di atas rata-rata. Mungkin kalau biasanya 150 mm itu sudah akan terjadi genangan, ini kemarin mungkin lebih, sekitar 200-an. Saya kalau secara teknis itu kan yang ngerti SDA nih. Tapi yang jelas yang kedua memang dari laut itu yang hilirnya kondisi lagi pasang," tuturnya.

"Yang ketiga memang beberapa titik ini untuk limpahan air ini memang selain di Jakarta hujan dari jam 14.00 WIB siang, ternyata di hulunya Depok dan Bogor juga hujan besar dari siang hari. Jadi limpahan dari Bogor dan Depok itu masuk ke wilayah Mampang cukup tinggi, ditambah lagi hujan lokalnya juga curah hujannya intensitasnya tinggi," sambungnya.

Lihat juga Video: Sejumlah Motor Mogok Usai Terobos Banjir di Jalan Kapten Tendean Jaksel

[Gambas:Video 20detik]



(lir/lir)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT